- Abstract viewed - 5854 times
- PDF downloaded - 10265 times
Affiliations
Arnela Meida Effendi
Affiliation not stated
Winarni Pratjojo
Affiliation not stated
Woro Sumarni
Affiliation not stated
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Ratna Kurniyati, Woro Sumarni, Latifah Latifah, PENGARUH CHITOSAN BEADS DAN CHITOSAN BEADS IKAT SILANG ASAM SITRAT SEBAGAI PENURUN KADAR FOSFAT DAN ABS (Alkyl Benzene Sulfonate) PADA LIMBAH LAUNDRY , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 4 No 1 (2015)
- Dwi Sudarwati, Woro Sumarni, Uji Aktivitas Senyawa Antibakteri pada Ekstrak Daun Kelor dan Bunga Rosella , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 5 No 1 (2016)
- Cipta Restu Aruni, Kasmadi Imam Supardi, Woro Sumarni, Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Mengukur Kecakapan Personal , Chemistry in Education: Vol 7 No 1 (2018): Terbit bulan April 2018
- Novanda Varantika, Eko Budi Susatyo, Woro Sumarni, PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK PENGETAHUAN PADA MATERI HIDROLISIS-BUFFER , Chemistry in Education: Vol 7 No 2 (2018): Terbit bulan Oktober 2018
- WIDYO UTOMO, Woro Sumarni, Sigit Priatmoko, PENGARUH KONSENTRASI SO42- DAN pH TERHADAP DEGRADASI CONGO RED MENGGUNAKAN FOTOKATALIS N-TiO2 , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 7 No 1 (2018)
- Faricha Tunjungsari, Jumaeri Jumaeri, Woro Sumarni, Karakteristik Adhesive Polymer Polivinil Asetat Termodifikasi Butil Akrilat untuk Aplikasi Transfer Metalize , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 8 No 2 (2019)
- Brigitta Elga Kusuma Dewi, Woro Sumarni, Efektivitas Penggunaan Media E-learning Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik , Chemistry in Education: Vol 9 No 2 (2020): Terbit bulan Oktober 2020
- Iqnatu Nazila Amique, Jumaeri Jumaeri, Woro Sumarni, Endang Susilaningsih, PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM INOVATIF PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES SAINS , Chemistry in Education: Vol 9 No 2 (2020): Terbit bulan Oktober 2020
- Anggreny Br Pandia, Woro Sumarni, Pengembangan Alat Peraga Uji Daya Hantar Listrik Berbasis STEM dan Pengaruhnya Terhadap Literasi Kimia Peserta Didik , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Rizqi Anisa, Edy Cahyono, Woro Sumarni, Eko Budi Susatyo, Implementasi Design Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dasar Materi Elektrokimia , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
Implementasi Design Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dasar Materi Elektrokimia
Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
Submitted: Oct 6, 2020
Published: Apr 27, 2021
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara beberapa guru kimia di Semarang, keterampilan proses sains peserta didik masih rendah. Guru hendaknya menggunakan strategi pembelajaran yang bisa meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah Design Based Learning (DBL) Chandrasekaran dkk. (2013). Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan suatu penelitian implementasi model Design Based Learning dengan melihat keefektivannya terhadap peningkatan keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan menggunakan pretest-posttest control grup design. Penelitian dilakukan di SMK N Jawa Tengah di Semarang dengan kelas X TITL sebagai kelas eksperimen dan X BKP sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal pretest dan posttest keterampilan proses sains, lembar observasi keterampilan proses sains, serta angket respon peserta didik dan guru. Implementasi model Design Based Learning pada materi elektrokimia dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji t dilakukan yaitu diperoleh t hitung sebesar 14,07 dan t tabel sebesar 2,07. Nilai t hitung > t tabel maka Ha diterima. Serta hasil ui N- Gain sebesar 0,75 yang menunjukan peningkatan KPS dalam kategoori tinggi. Selain itu, model Design Based Learning layak untuk diterapkan berdasarkan respon dari peserta didik dan guru.