- Abstract viewed - 5854 times
- PDF downloaded - 10265 times
Affiliations
Arnela Meida Effendi
Affiliation not stated
Winarni Pratjojo
Affiliation not stated
Woro Sumarni
Affiliation not stated
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Ahmad Roisul Mubarok, Woro Sumarni, Wisnu Sunarto, PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN PRODUK COCOLEAF CRAFT ART TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP REDOKS SISWA KELAS X , Chemistry in Education: Vol 9 No 1 (2020): Terbit bulan April 2020
- Izza Ratna Kumala, Woro Sumarni, Sri Haryani, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA , Chemistry in Education: Vol 9 No 1 (2020): Terbit bulan April 2020
- Nur Mahiyatus Sholikhah, Agung Tri Prasetya, Endang Susilaningsih, Woro Sumarni, Pengembangan Panduan Praktikum Berbasis Guided Inquiry untuk Identifikasi Keterampilan Laboratorium Peserta Didik pada Materi Titrasi Asam-Basa , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Siti Nurfaijah, Woro Sumarni, Sri Susilogati Sumarti, Cepi Kurniawan, Pengaruh Project Based Learning Terintegrasi STEM Pada Pembelajaran Hidrolisis Garam Terhadap Keaktifan Siswa , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Wahyu Uswatun Khasanah, Woro Sumarni, DESAIN LKPD MENGGUNAKAN PENDEKATAN ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Audhea Kartini Puspaningrum, Woro Sumarni, Sudarmin Sudarmin, Desain E-Modul Larutan Elektrolit-Nonelektrolit Multirepresentasi terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Feby Kristiansi, Endang Susilaningsih, Woro Sumarni, Sigit Priatmoko, Pengembangan Butir Soal Tes Tingkat Makroskopis, Mikroskopis, dan Simbolis Untuk Identifikasi Kemampuan Analisis Siswa yang Dianalisis dengan Model Rasch , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Amalia Irfiana, Woro Sumarni, Desain Instrumen Tes Three-Tier Multiple Choice Bermuatan Critical Thinking Skills untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Terkait Materi Asam Basa , Chemistry in Education: Vol 11 No 2 (2022): Terbit bulan Oktober 2022
- Qorry Adilla Fikrina, Sudarmin Sudarmin, Woro Sumarni, Sri Susilogati Sumarti, Pengambangan E-Modul Kimia Larutan Terintegrasi Etno-STEAM Bahan Kajian Batik Pekalongan , Chemistry in Education: Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023
- Khalimatus Sya'diyah, Sri Wardani, Woro Sumarni, Sri Mursiti, Pengembangan LKPD Berbasis Problem Terintegrasi Etnosains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Dan Interpersonal , Chemistry in Education: Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023
Pengembangan LKPD Berbasis Problem Terintegrasi Etnosains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Dan Interpersonal
Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023
Submitted: Aug 23, 2022
Published: Apr 28, 2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD berbasis problem terintegrasi etnosains pada materi Reaksi Redoks untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan interpersonal. Pengembangan LKPD menggunakan metode 3-D yaitu Define, Design, dan Develop. Subjek pada penelitian yaitu peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Suranenggala Cirebon. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, observasi kecerdasan interpersonal, angket keterbacaan dan respon peserta didik. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu kelayakan dan keefektifan, serta hasil keterbacaan dan respon peserta didik. Hasil validasi rata-rata LKPD berbasis problem terintegrasi etnosains memperoleh nilai persentase sebesar 85% termasuk kriteria baik. Keterbacaan LKPD pada skala kecil dihasilkan nilai persentase sebesar 86% termasuk kriteria sangat baik dan angket tanggapan peserta didik terhadap LKPD skala besar dihasilkan nilai persentase sebesar 86% termasuk kriteria sangat baik. LKPD berbasis problem terintegrasi etnosains dapat meningkatkan kemampuan kognitif melalui hasil belajar dengan pretest-postest memperoleh N-Gain sebesar 0,59 termasuk kategori sedang. Kecerdasan interpersonal meningkat pada kegiatan diskusi dan praktikum dihasilkan nilai persentase 84,93% termasuk kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian, LKPD berbasis problem terintegrasi etnosains yang dikembangkan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan interpersonal.