- Abstract viewed - 338 times
- pdf downloaded - 643 times
Affiliations
Dian Sri Asmorowati
Kima UNNES
Ida Iryani Kristanti
Affiliation not stated
Sri Susilogati Sumarti
Affiliation not stated
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Sifi Lestari, Sri Susilogati Sumarti, Antonius Tri Widodo, KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBEX BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA , Chemistry in Education: Vol 7 No 1 (2018): Terbit bulan April 2018
- Dhinda Auliyana, Sri Susilogati Sumarti, Antonius Tri Widodo, guided inquiry, peningkatan Penerapan Pembelajaran Guided Inquiry Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA N 2 Pati , Chemistry in Education: Vol 7 No 1 (2018): Terbit bulan April 2018
- Dwi Kurniawati, Antonius Tri Widodo, Sri Susilogati Sumarti, CTL; KAPDA; kompetensi siswa; pe PENGARUH MODEL KAITKAN-ALAMI-PIKIRKAN-DISKUSIKAN-APLIKASIKAN PADA PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KOMPETENSI SISWA , Chemistry in Education: Vol 7 No 2 (2018): Terbit bulan Oktober 2018
- Arum Farkhati, Sri Susilogati Sumarti, Implementasi Manajemen Pembelajaran Kimia Berbantuan E-LKPD Terintegrasi Chemoentrepreneurship untuk Menganalisis Soft Skill Siswa , Chemistry in Education: Vol 8 No 2 (2019): Terbit bulan Oktober 2019
- Lies Lestariningtias, Kasmui Kasmui, Kasmadi Imam Supardi, Sri Susilogati Sumarti, Analisis Pencapaian Kompetensi Kognitif Kimia Peserta Didik Materi Redoks Dan Tata Nama Senyawa Melalui Two Tier Digital Test , Chemistry in Education: Vol 9 No 1 (2020): Terbit bulan April 2020
- Rika Ayu Lestari, Endang Susilaningsih, Harjono Harjono, Sri Susilogati Sumarti, Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Berpendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Hidrolisis , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Amalina Artani, Sri Susilogati Sumarti, Sigit Priatmoko, Harjono Harjono, PENGARUH PENDEKATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP PADA MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF PESERTA DIDIK , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Erlinda Eka Kurniawati, Sri Susilogati Sumarti, Nanik Wijayati, Murbangun Nuswowati, Pengaruh Project Based Learning Berorientasi Chemoentrepreneurship Berbantuan e-LKPD terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Wirausaha , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Lutfi Afifaturrochmah, Sri Susilogati Sumarti, Murbangun Nuswowati, Nanik Wijayati, ANALISIS HASIL BELAJAR DAN SELF EFFICACY BERWIRAUSAHA PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN LARUTAN PENYANGGA MENGGUNAKAN E-LKPD BERMUATAN CHEMOENTREPRENEURSHIP , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Siti Nurfaijah, Woro Sumarni, Sri Susilogati Sumarti, Cepi Kurniawan, Pengaruh Project Based Learning Terintegrasi STEM Pada Pembelajaran Hidrolisis Garam Terhadap Keaktifan Siswa , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
Pengaruh Project Based Learning Terintegrasi STEM Pada Pembelajaran Hidrolisis Garam Terhadap Keaktifan Siswa
Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
Submitted: Nov 18, 2020
Published: Dec 16, 2021
Abstract
“Pembelajaran aktif merupakan pendekatan pembelajaran yang lebih banyak melibatkan aktifitas siswa dalam mengakses berbagai informasi dan pengetahuan untuk dibahas dan dikaji dalam proses pembelajaran dikelas, sehingga mereka dapat meningkatkan pemahaman dan kompetensinyaâ€. Studi literatur menunjukkan model pembelajaran yang dapat berpengaruh terhadap keaktifan siswa yaitu project based learning (PjBL) dengan STEM. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh project based learning terintegrasi STEM terhadap keaktifan siswa dan mengetahui seberapa besar pengaruh project based learning terintegrasi STEM terhadap keaktifan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen Quasi dengan desain Control Group Design. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Cirebon sebanyak 32 siswa diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi yang telah divalidasi oleh ahli. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji T. Hasil analisis menunjukkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM berpengaruh terhadap keaktifan siswa.
Kata Kunci: Project Based Learning, STEM, keaktifan siswa.