- Abstract viewed - 252 times
- pdf downloaded - 826 times
Affiliations
Silvia Tri Ayu Ningtias
Universitas Negeri Semarang
Harjono Harjono
Affiliation not stated
Cepi Kurniawan
Affiliation not stated
Samuel Budi Wardhana Kusuma
Affiliation not stated
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Dinar Alghifari Ramadhan, Cepi Kurniawan, F Widhi Mahatmanti, Pengelupasan Lapisan Grafit secara Elektrokimia dalam Suasana Asam , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 8 No 2 (2019)
- Apriza Marfina, Edy Cahyono, Sri Mursiti, Harjono Harjono, Sintesis Nanopartikel Emas dengan Bioreduktor Minyak Atsiri Kayu Manis (Cinnamomum Burmannii) , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 8 No 2 (2019)
- Vidya Putri Khavilla, Sri Wahyuni, Ari Fajar Riyanto, Jumaeri Jumaeri, Harjono Harjono, Preparasi dan Karakterisasi PP (Polypropylene) Termodifikasi LLDPE (Linear Low Density Polyethylene) dengan Teknik Pencampuran Biasa , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 8 No 3 (2019)
- Intan Cahyaningrum, Sri Mursiti, Woro Sumarni, Harjono Harjono, Pengaruh Praktikum Berbasis Guided Inquiry Berbantuan Virtual Lab terhadap Keterampilan Proses Sains , Chemistry in Education: Vol 9 No 1 (2020): Terbit bulan April 2020
- Rika Ayu Lestari, Endang Susilaningsih, Harjono Harjono, Sri Susilogati Sumarti, Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Berpendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Hidrolisis , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Amalina Artani, Sri Susilogati Sumarti, Sigit Priatmoko, Harjono Harjono, PENGARUH PENDEKATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP PADA MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF PESERTA DIDIK , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Chinta Celi Ayu Cendana, Harjono Harjono, Sri Haryani, Murbangun Nuswowati, Korelasi Persepsi Kemampuan Metakognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa selama Pandemi Covid-19 di SMA Unggulan Nurul Islami Mijen , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Adhina Choiri Putri, Sri Wardani, Murbangun Nuswowati, Harjono Harjono, PENGARUH PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI REDOKS , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Siti Nurfaijah, Woro Sumarni, Sri Susilogati Sumarti, Cepi Kurniawan, Pengaruh Project Based Learning Terintegrasi STEM Pada Pembelajaran Hidrolisis Garam Terhadap Keaktifan Siswa , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Siti Marfu'ah, Sri Haryani, Endang Susilaningsih, Cepi Kurniawan, Pengembangan Instrumen Tes untuk Analisis Keterampilan Metakognisi pada Materi Larutan Penyangga , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
Pengembangan Instrumen Tes untuk Analisis Keterampilan Metakognisi pada Materi Larutan Penyangga
Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
Submitted: Dec 24, 2021
Published: Jun 24, 2022
Abstract
Peserta didik penting memiliki keterampilan metakognisi yang tercermin dalam kurikulum 2013. Salah satu pemberdayaan keterampilan metakognisi melalui soal pemahaman konsep berbasis keterampilan metakognisi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan, kualitas instrumen tes, dan profil keterampilan metakognisi peserta didik. Penelitian pengembangan dilakukan dengan langkah analysis, design, develop, implementation, evaluation (ADDIE). Peserta didik SMA N 1 Demak sebagai subjek penelitian implementasi I sebanyak 50 orang dan implementasi II sebanyak 80 orang. Teknik pengumpulan data kelayakan instrumen dilakukan melalui lembar validasi ahli, kuisioner tanggapan guru dan peserta didik; data kualitas terkait reliabilitas diperoleh melalui instrumen tes; serta data profil keterampilan metakognisi diperoleh melalui instrumen tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan melalui Microsoft Exel 2016. Hasil penelitian menunjukkan: instrumen tes dinyatakan valid isi oleh pakar dengan rerata skor 24,5 dari skor total 28 yang menunjukkan instrumen tes layak digunakan. Hasil analisis kualitas instrumen terkait reliabilitas soal tipe A sebesar 0,772 dan tipe B sebesar 0,856. Profil keterampilan metakognisi pada komponen perencanaan sebesar 77%, monitoring 70% dan evaluasi 65%. Simpulan dari penelitian ini diperoleh produk instrumen tes yang dinyatakan layak, reliabel serta dapat digunakan untuk menganalisis profil keterampilan metakognisi peserta didik.
Kata Kunci: Instrumen; Keterampilan Metakognisi; Larutan Penyangga