POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN ANAK (STUDI KASUS PADA KELUARGA BURUH PABRIK DI KELURAHAN PATEMON KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG)

  • Hanik Khaeratun Nisak Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Parents Parenting, Child Discipline

Abstract

Peran dan tanggung jawab orang tua sangat dibutuhkan dalam memberikan pendidikan disiplin dalam keluarga. Oleh karena itu, diperlukan pola asuh yang tepat dari orang tua dalam menanamkan kedisiplinan anak. Permasalahan yang dikaji adalah bagaimana pola asuh orang tua dalam menanamkan kedisiplinan anak, upaya-upaya apa saja yang dilakukan orang tua dalam menanamkan kedisiplinan adan kendala-kendala apa saja yang dihadapi orang tua dalam menanamkan kedisiplinan anak. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pola asuh yang diterapkan orang tua, mendeskripsikan upaya-upaya yang dilakukan orang tua dan mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi orang tua dalam kedisiplinan anak. Penelitian dilakukan di Kelurahan Patemon Kecamatan Gunungpati Kota Semarang dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 5 orang ibu yang bekerja sebagai buruh pabrik dan mempunyai anak usia 6-12 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk membuktikan keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menanamkan kedisiplinan anaknya, orang tua menerapkan pola asuh otoriter dan demokratis. Upaya-upaya yang dilakukan oleh para orang tua dalam menanamkan kedisiplinan anak yaitu: memberikan keteladanan diri, memberikan pendidikan agama, mengajarkan nilai moral, melatih tanggung jawab. Kendala yang dihadapi orang tua dalam menanamkan kedisiplinan anak meliputi kendala intern dan ekstern.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Danny I Yatim. 1986. Kepribadian, Keluarga dan Narkotika. Jakarta : Ancan.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ekosiswoyo, Rasdi dan Maman Rachman. 2000. Manajemen Kelas. Semarang: CV. IKIP Semarang Press.

Grisanti, M.E. 1990. Seni Mendisiplinkan Diri Anak. Jakarta : Mitra Utama.

Gunarsa-Gunarsa. 1995. Mendisiplinkan Anak Dengan Kasih Sayang. Jakarta : BPK Gunung Mulia.

Hadisubrata, MS. 1988. Mengembangkan Kepribadian Anak Balita. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Hurlock, 1997. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga

Kartini, Kartono. 1992. Usaha Orang Tua Dalam Rangka Mendidik Anak Usia Sekolah. Jakarta : Penerbit Raj awali.

Martaniah Mulyani. 1964. Peranan Orang Tua dalam Perkembangan Kepribadian. Yogyakarta: Jiwa Baru.

Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rachman Hakim, Arief. 2008. Pola Asuh Orangtua dalam Membina Kepribadian Anak di Desa Bantarkawung Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: FIS UNNES.

Rachman, Maman.1993. Strategi dan Langkah-Langkah Penelitian. Semarang IKIP. Semarang Press.

Yusuf, Syamsu dan Juntika Nurihsan. 2010. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Published
2012-03-01
How to Cite
Nisak, H. (2012). POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN ANAK (STUDI KASUS PADA KELUARGA BURUH PABRIK DI KELURAHAN PATEMON KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG). Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(1). https://doi.org/10.15294/jnece.v1i1.2788
Section
Articles