SURVEI PERKEMBANGAN OLAHRAGA REKREASI GATEBALL DI KABUPATEN SEMARANG

  • Arif Hidayat
  • Nanang Indardi
Keywords: Sports Gateball, Sports Recreation

Abstract

Aktifitas olahraga tanpa disadari atau sadar sering dilakukan dimana-mana. Aktifitas ini berkaitan dengan gerakan jasmani, bermain, dan rekreasi. Olahraga rekreasi ialah olahraga yang mengarah kepada aktifitas gerak yang bertujuan untuk kesenangan dan bergembira. Banyak yang dapat menemukan olahraga rekreasi di tempat-tempat wisata, jenisnya juga semakin berfariasi dari yang mulai berpetualangan sampai dengan yang menantang, salah satunya olahraga gateball. Gateball merupakan jenis olah raga yang unik, karena dimainkan secara bersamaan antara tujuan rekreasi sambil meraih prestasi.Tujuan yang ingin di capai dari penelitian ini adalah ingin mengetahui perkembangan olahraga gateball, hambatan olahraga gateball. respon pemerintah, masyarakat, dan faktor pendukung olahraga gateball di Kabupaten Semarang. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian dilakukan secara lisan (wawancara) dengan 4 responden. Lokasi penelitian di Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana. Data hasil penelitian yang telah dikumpulkan sepenuhnya dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian : Perkembangan olahraga rekreasi gateball belum begitu luas dikenal dimasyarakat. Setiap cabang olahraga pasti akan memerlukan perhatian khusus dari pemerintah dengan harapan olahraga itu sendiri akan berkembang dan lebih maju. Kurangnya sosialisasi dan kurangnya pertandingan yang diselenggarakan oleh pemerintah menjadikan olahraga gateball kurang diminati masyarakat. Hambatan yang terjadi adalah dari sektor pendanaan, harga peralatan olahraga gateball lumayan mahal untuk kalangan menengah kebawah. Simpulan hasil penelitian : Perkembangan olahraga rekreasi gateball di Kabupaten Semarang kurang begitu luas. Hambatan yang terjadi adalah soal pendanaan dan mahalnya peralatan olahraga gateball. Respon pemerintah sampai saat ini belum memberikan bantuan dan respon yang baik, sedangkan respon masyarakat sangat baik dan mendukung dengan adanya olahraga rekreasi gateball. Faktor pendukung dalam olahraga ini adalah pendanaan dan sarana prasarana.

Sports activities unconsciously or consciously often done everywhere. This activity is related to physical movement, play and recreation. Recreational sports is exercise that leads to the motion activity aimed at pleasure and fun. Much can find recreational sports in tourist places, the opposite is also increasingly varied from the start up to a challenging adventure, one gateball sport. Gateball is a type of exercise that is unique, because it is played simultaneously between grabbing achievement. Recreational purposes to be achieved from this research is to know the development of sports gateball, gateball sport obstacles. response of the government, society, and supporting factors gateball sport in Semarang Regency. research approach is descriptive research that collected data in the form of words, pictures, and not numbers. Instruments in this research is observation, interview, documentation. , The study was conducted orally (interview) with 4 respondents. The research location in the Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana. Research data that has been collected fully analyzed qualitatively. Result: The development of recreational sports gateball not so widely known in the community. Each sport will certainly require special attention from the government in hopes the sport itself will be developed and more advanced. Lack of socialization and games organized by the government to make the sport less attractive gateball society. Barriers that occur are from the financial sector, price gateball exercise equipment is quite expensive for the middle class down. Conclusion The results of the study: The development of recreational sports gateball in Semarang district is less extensive. Barriers that happens is a matter of funding and the high cost of sports equipment gateball. The government's response to date has not provided relief and a good response, whereas an excellent public response and support with the recreational sports gateball. Supporting factors in this sport is the funding and infrastructure.

References

Ajun Khamdani. 2010. Olahraga Tradisonal Indonesia. Klaten: PT. Mancanan Jaya Cemerlang.

Husdarta. 2010. Sejarah dan Filsafat Olahraga. Bandung: Alfabeta.

Yudik Prasetyo. 2012. Olahraga Gateball Bagi Usia Lanjut. Jurnal Ilmiah Kesehatan Olahraga.

Suryanto. 2010. Buku Pengertian Gateball. Jakarta.

Published
2016-04-14
How to Cite
Hidayat, A., & Indardi, N. (2016). SURVEI PERKEMBANGAN OLAHRAGA REKREASI GATEBALL DI KABUPATEN SEMARANG. Journal of Sport Science and Fitness, 4(4), 49-53. https://doi.org/10.15294/jssf.v4i4.10098