PENELUSURAN POTENSI DAERAH UNTUK PEMBINAAN OLAHRAGA USIA DINI

Main Article Content

Nugroho Apriliyanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui potensi daerah untuk pembinaan olahraga usia dini. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan secara acak. Jumlah Sekolah Dasar yang dijadikan populasi dalam penelitian ini sebanyak 54 sekolah dasar dengan jumlah siswa kelas 4-6 sebanyak 276, kepala sekolah SD diambil 5 orang, Guru Penjasorkes SD 5 orang, tokoh masyarakat 10 orang, serta kepala/kepala bagian yang relevan pada Institusi KONI dan DINPORA. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket, tes metode Iowa-Brace Test For Motor Educabiliti, tes wawancara dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan rumus deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk putra kategori baik sekali terdapat 2 siswa (1,39%), kategori baik 33 siswa (22,92%), kategori sedang 74 siswa (24,31%), dan kata kategori kurang 35 (24,31%). Untuk putri kategori baik sekali terdapat 11 siswa (3,99%), kategori baik 117 siswa (42,39%), kategori sedang 113 siswa (40,94%), dan kategori kurang 35 (12,68%). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelusuran potensi daerah untuk pembinaan olahraga usia dini Kecamataan Todanan Kabupaten Blora Tahun 2010/2011 dalam kategori baik.



The purpose of this study was to determine potential areas for early childhood sports coaching. Sampling in this study using random sampling techniques to randomly. The number of elementary schools that serve the population in this study as many as 54 elementary schools with the number as many as 276 students in grade 4-6, elementary school principals take 5 people, elementary school sport teacher take 5 people, community leaders 10 people, and the head that relevant section on the Institutions KONI and DINPORA. Data collection methods in this research that uses questionnaires, test method Iowa-Brace Test For Motor Educabiliti, interviews and documentation. The research data were analyzed using descriptive formula percentage. The results showed that for men there were 2 students at very good category (1.39%), 33 students at students at good category (22.92%), 74 students at moderate category (24.31%), and 35 students at less category (24.31 %). For women, there were 11 students at good category (3.99%), 117 students at good category (42.39%), 113 students at moderate category (40.94%), and 35 students at less category (12.68%). From this study it can be concluded that the search of potential areas for early childhood sports coaching Kecamataan Todanan Blora Regency Year 2010/2011 in good category.

Article Details

Section
Articles

References

Mangunhardjana. 1989. Pembinaan Arti dan Metodenya. Jakarta: Kanisius
Bompa, Tudor O. 1994. Theory and Methodology of Training (Dubuque, Iowaq Kendall// Hunst Publising Company
Direktorat TK dan SD. Pendidikan Anak Usia Dini TK dan SD. 2001. Jakarta. Depdiknas
Ida Sudarmanto. 2007. Skripsi Kesesuaian Hasil Tes Pemanduan Bakat Sport Search Dengan Minat Terhadap Cabang Olahraga (Survey Pada Siswa SD Se – Kecamatan Dempet Kabupaten Demak Tahuun 2007). Semarang : UNNES
KONI. 1997. Rencana Induk Pengembangan Prestasi di Indonesia 1997-2007. Jakarta: Proyek Garuda Emas
KONI. 2000. Rencana Induk Pengembangan Prestasi di Indonesia 1997-2007. Jakarta: Proyek Garuda Emas
Pusat Bahasa Depdiknas. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi III. Jakarta: Balai Pustaka
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. CV. Alfabeta
Said Djunaidi. 2003. Pembinaan Olahraga Usia Dini. Semarang : FIK UNNES