ANALISIS BUKU AJAR IPA BIOLOGI YANG BANYAK DIGUNAKAN DI SMP NEGERI KABUPATEN JEPARA

Main Article Content

Masyhuratul - Fadhilah Sri Mulyani Endang Susilowati Priyantini - Widiyaningrum

Abstract

This research aimed to identify the book readability level, suitabality of concept and pictoral appropriateness level according to the Biology textbook of Cambell and friends, eighth edition, part 1 (2008) and its fith edition part 2 and 3, spelling accurateness and readiness of Erlangga Biology Books written by Istamar Syamsuri and friends (2007) part 2 according to BSNP standard-based evaluation from teachers. This research was descriptive qualitative approaches to assess the quality of Biology books for SMP students, Grade VIII in Jepara.The research result showed that readability level of sample was 8,57% , easy sample 8,57%, difficult sample 64,29%, dan invalid sample 8,57% ; in term of suitability of concept it did nof find wrong concept from 231 concepts and inappropriate pictures 11,50% from 113 pictures ; spellibility or error typing, misuse of capital letter, and mis use of punctuation mark were respectively: 6,5 and 1; and advisibility of the book according to BSNP was high based on the instrumen stage I and instrument stage II as much as 86,2% under thcriteria very suitable.In sum, Erlangga biology books by Istamar Syamsuri, and friends(2007)part 2 were not fully readable for grade VIII SMP students.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterbacaan, tingkat kesesuaian konsep dan gambar dengan buku teks biologi edisi kedelapan jilid 1 (2008) dan edisi kelima jilid 2 dan 3(2004) karangan Campbell, dkk, tingkat kesalahejaan, dan tingkat kelayakan buku pelajaran IPA Biologi menurut standar BSNP berdasarkan penilaian dari guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengkaji kualitas buku IPA Biologi SMP kelas VIII yang banyak digunakan di SMP Negeri Kabupaten Jepara yaitu buku karangan Istamar Syamsuri, dkkjilid 2(2007) penerbit Erlangga.Hasil penelitian menunjukan untuk tingkat keterbacaansampel sesuai 18,57%, sampel mudah 8,57%, sampel sulit 64,29%, dan sampel invalid 8,57% ; untuk tingkat kesalahan konsep tidak ditemukan kesalahan konsepdari 231 konsepdan memiliki kesalahan gambar 11,50% dari 113 gambar ; untuk kesalahejaan memiliki 6 kesalahan ketikan, 5kesalahan penggunaan huruf kapital, dan 1kesalahan penulisan tanda baca; dan untuk tingkat kelayakan bukumenurut standar BSNPmemenuhi standar kelayakan pada Instrumen tahap I dan tahap II sebanyak 86,2% dengan kriteria sangat sesuai.Simpulan dari penelitian ini adalahBuku pelajaran IPA BIologi terbitan Erlangga karangan Istamar Syamsuri, dkk tahun terbit 2007 jilid 2 belum sepenuhnya sesuai untuk siswa kelas VIII pada tingkat keterbacaan.

Article Details

How to Cite
FADHILAH, Masyhuratul -; ENDANG SUSILOWATI, Sri Mulyani; WIDIYANINGRUM, Priyantini -. ANALISIS BUKU AJAR IPA BIOLOGI YANG BANYAK DIGUNAKAN DI SMP NEGERI KABUPATEN JEPARA. Journal of Biology Education, [S.l.], v. 1, n. 2, apr. 2013. ISSN 2252-6579. Available at: <http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/1146>. Date accessed: 01 oct. 2016.
Keywords
analysis of textbook; biology; junior high schools
Section
Articles