pagar rumah minimalis desain rumah sederhana modern interior design rumah minimalis sederhana model rumah sederhana teras rumah minimalis umpan ikan mas umpan ikan bawal umpan ikan nila umpan ikan lele umpan ikan patin umpan ikan gejala penyakit jantung ciri ciri penyakit jantung gejala sakit jantung penyakit jantung koroner ciri penyakit jantung penyebab penyakit jantung penyebab kanker serviks gejala kanker serviks ciri ciri kanker serviks gejala kanker otak ciri ciri kanker otak cara menurunkan berat badan cara meninggikan badan cara mengatasi rambut rontok cara mengatasi keputihan cara berhenti merokok cara menghilangkan bau kaki cara menghilangkan panu cara menghilangkan karang gigi cara menurunkan kolesterol cara mengatasi insomnia cara bermain gitar cara belajar gitar cara bermain catur cara bermain rubik belajar bermain gitar cara bermain drum cara bermain piano cara bermain clash of clans tips bermain clash of clans cara main clash of clans cara memainkan gitar cara menghilangkan jerawat cara menghilangkan bekas jerawat cara menghilangkan komedo cara menghilangkan jerawat cara menghilangkan bekas jerawat cara menghilangkan komedo download clash of clans for pc download clash of clans for pccara alami menghilangkan ketombeCara Alami Menghilangkan Bekas Luka Dengan Cepatberbagai cara menghilangkan bau badancara menghilangkan bau mulut secara alami

ANALISIS BUKU AJAR IPA BIOLOGI YANG BANYAK DIGUNAKAN DI SMP NEGERI KABUPATEN JEPARA

Masyhuratul - Fadhilah, Sri Mulyani Endang Susilowati, Priyantini - Widiyaningrum

Abstract


This research aimed to identify the book readability level, suitabality of  concept and pictoral appropriateness level according to  the Biology textbook of Cambell and friends, eighth edition, part 1 (2008) and its fith edition part 2 and 3, spelling accurateness and  readiness of  Erlangga Biology Books written by  Istamar Syamsuri and friends (2007) part 2 according to BSNP standard-based evaluation from teachers. This research was descriptive qualitative approaches  to assess  the quality of Biology books  for SMP students, Grade VIII  in Jepara.The research result showed that readability level of sample  was 8,57% , easy sample 8,57%,  difficult sample 64,29%, dan invalid sample 8,57% ; in term of suitability of concept it did nof find wrong concept from 231 concepts and inappropriate pictures 11,50% from 113 pictures ; spellibility or error typing, misuse of capital letter, and mis use of punctuation mark were respectively: 6,5 and 1; and advisibility of the book  according to BSNP  was  high  based on the instrumen stage I and instrument stage II as much as 86,2% under thcriteria very suitable.In sum, Erlangga biology books by  Istamar Syamsuri, and friends(2007)part 2 were not fully readable for grade VIII SMP students.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterbacaan, tingkat kesesuaian konsep dan gambar dengan  buku teks  biologi edisi kedelapan jilid 1 (2008) dan edisi kelima jilid 2 dan 3(2004) karangan Campbell, dkk, tingkat kesalahejaan, dan tingkat kelayakan buku pelajaran IPA Biologi menurut standar BSNP berdasarkan penilaian dari guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengkaji kualitas buku IPA Biologi SMP kelas VIII yang banyak digunakan di SMP Negeri Kabupaten Jepara yaitu buku karangan Istamar Syamsuri, dkkjilid 2(2007) penerbit Erlangga.Hasil penelitian menunjukan untuk tingkat keterbacaansampel sesuai 18,57%, sampel mudah 8,57%,  sampel sulit 64,29%, dan sampel invalid 8,57% ; untuk tingkat kesalahan konsep tidak ditemukan kesalahan konsepdari 231 konsepdan memiliki kesalahan gambar 11,50% dari 113 gambar ; untuk kesalahejaan memiliki 6 kesalahan ketikan, 5kesalahan penggunaan huruf kapital, dan 1kesalahan penulisan tanda baca; dan untuk tingkat kelayakan bukumenurut standar BSNPmemenuhi standar kelayakan pada Instrumen tahap I dan tahap II sebanyak 86,2% dengan kriteria sangat sesuai.Simpulan dari penelitian ini adalahBuku pelajaran  IPA BIologi terbitan Erlangga karangan Istamar Syamsuri, dkk tahun terbit 2007 jilid 2 belum sepenuhnya sesuai untuk siswa kelas VIII pada tingkat keterbacaan.


Keywords


analysis of textbook; biology; junior high schools

References


Adisenjaja,Y.H. & Romlah, O. 2007. Analisis Buku Ajar Sains Berdasarkan Literasi Ilmiah Sebagai Dasar untuk Memilih Buku Ajar Sains (Biologi).Makalah dipresentasikan pada seminar Nasional Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan Biologi, UPI, 25-26 Mei 2007.

Aesijah S. 2009. Analisis Buku Teks Mata Pelajaran Seni budaya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Kota Semarang.Harmonia 9 (1) : 99-110.

Campbell NA, Reece JB & Mitchell LG. 2004.BIOLOGI Edisi Kelima Jilid II dan III. Jakarta: Erlangga.

Campbell NA, Reece JB, Urry LA, Cain ML, Wasserman SA, Minorsky PV & Jackson RB. 2008. BIOLOGI Edisi Kedelapan Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Holliday, W.G. 1990. Textbook illustrations- fact or filler?The Science Teacher, 5 (9):27-29.

Joy Rhonda. 2011. Spelling Skills in Two Language. International Electronic Journal of Elementary Education 3 (2) : 105-121.

Kinchin, I.M. 2011. Visualising Knowledge Structures in Biologi : Discipline, Curriculum and Student Understanding. Journal of Biological Education 45 (4) : 183-189.

SupriadiD. 2001.Anatomi Buku Sekolah di Indonesia. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa

Suryadi, A. 2007.Tingkat Keterbacaan Wacana Sains dengan Teknik Klos.Jurnal Sosioteknologi 10 (6) : 197-200.

Syamsuri I, Sulisetijono, Ibrohim & Rahayu SE. 2007.IPA BIOLOGI Jilid 2. Jakarta: Erlangga.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.