EFEKTIVITAS METODE FIELD TRIP DI SUNGAI KALIGARANG SEMARANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN

  • Marini Marini Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Margareta Rahayuningsih Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Amin Retnoningsih Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
Keywords: Methods offield trips, learning outcomes, environmental management

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas metode field trip di Sungai Kaligarang Semarang terhadap hasil belajar siswa pada materi pengelolaan lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre experimental dengan desain one shot case study. Populasi diambil dari siswa kelas VII SMP N 40 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Sampel yang digunakan adalah kelas VIIF, VIIG, dan VIIH yang diambil dengan teknik convenience sampling. Data penelitian berupa hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik, data tanggapan siswa dan guru yang dikumpulkan dengan metode observasi dan tes. Data-data tersebut dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ≥ 75% siswa mencapai ketuntasan (nilai ≥ 75) pada hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik. Jumlah siswa yang tuntas pada hasil belajar kognitif di kelas VIIF sebesar 96,7%, kelas VIIG sebesar 100% dan kelas VIIH sebesar 100%. Pada hasil belajar afektif kelas VIIF sebesar 87%, kelas VIIG sebesar 100% dan kelas VIIH sebesar 81,2%. Pada hasil belajar psikomotorik kelas VIIF sebesar 100%, kelas VIIG sebesar 78,1% dan kelas VIIH sebesar 87,2%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa filed trip di Sungai Kaligarang Semarang dan jalan sekitarnya efektif terhadap hasil belajar siswa materi pengelolaan lingkungan.

 

The objective of the research was to analyse effectiveness learning outcome on  environmental management in Semarang Kaligarang River using field trip methods.The method used in this research is a pre-experimental design with one shot case study. The population of this research used all the grade VII studentsat SMPN40Semarangacademic year2014/2015. Samples were gradeVIIF, VIIG, andVIIH students collected by convenience samplingtechnique. Data were obtained from the student worksheet, post test, questionaire studentandteacher. The data was analyzed by descriptive quantitative. The results showed that≥ 75% of student achieved optimal learning outputs (score ≥ 75) in cognitive, affective, and psychomotor learning outcome. The number of student that got optimal value on the cognitif outcome amounted to 96,7% in  grade VIIF and amounted 100% in  grade VIIG and VIIH. In affective learning outcome  grade VIIF amounted to 87%,  grade VIIG of 100% and amounted to 81,2% in  grade VIIH. In psychomotor learning outcome amounted to 100% in  grade VIIF, amounted 78,1% in grade VIIG and amounted 87,2% in  grade VIIH.Based on the resultsof this study can be concludedthat thefiledtripinSemarangKaligarangRivereffective on student learning outcomes in environmental management.

References

Darso. 2011. Kesiapan Belajar Siswa dan Interaksi Belajar Mengajar terhadap Prestasi Belajar. INVOTEC,Vol. VII, No. 2, Agustus 2011: 145-160

Harjono. 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning terhadap Pencapaian Kompetensi Belajar IPS Ditinjau dari Moivasi Berprestasi Siswa SMP Negeri 3 Mojolaban. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Haryono. 2013. Pembelajaran IPA yang Menarik dan Mengasyikkan: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Kepel press.

Kisiel, J. 2006. More Than Lions and Tigers and Bears-Creating Meaningful Field Trip Lesson. Science activities Vol. 43, No.2.

Linawati, A.I. 2012. Hasil Belajar Klasifikasi Tumbuhan dengan Memanfaatkan Kebun Wisata Pendidikan Unnes. Unnes.J.Biol.Educ. Vol. 2 2012.

Patrick, A.O. 2010. Effect Of Field Studies On Learning Outcome In Biology. J.Hum. Ecol. 31(3): 171-177

Pradyani, I.A.A.M., I Made S., I Made A. 2014. Penerapan Metode Field Trip sebagai Upaya Meningkatkan Katrampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa di Kelas VII A.3 SMP Negeri 1 Singaraja. E-journalUniversitas Pendidikan Ganesha, Vol 2 No. 1

Purwoko, A. Pengembangan Model Investigative Field Work dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ekosistem dan Interaksinya, Minat dan Kerja Ilmiah Siswa. Tesis. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Ratnasari, D. 2014. Pengaruh Pemanfaatan Mangrove Cagar Alam Pulau Dua melalui Kegiatan Field Trip Terhadap Ketrampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Sisw SMA Pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Prosiding Mathematics And Sciences Forum 2014. ISBN 978-602-0960-00-5.

Rena. 2014. Pengaruh Buku Penunjang sebagai Sumber Belajar terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di Madrasah Aliyah Alkhairaat Tondo Palu. E-jornal Geo-Tadulako UNTAD.

Rusman. 2014. Model Model Pembelajarsan. Depok: Raja Grafindo Persada.

Saputra, H.J. 2014. Keefektifan Pembelajaran Outdoor Learning Berbasis Nilai Karakter terhadap Hasil Belajar Tematik Terintegrasi Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Meteseh Rembang. Jurnal Universitas Semarang Vol. 4 No. 2 Desember 2014.

Sari, I.P. Pemanfaatan Kebun Wisata sebagai Sumber Belajar dengan Menerapkan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS). Unnes.J.biol.Educ (2)

Santiningtyas. 2012. Pengaruh Outdoor Learning Berbasi Inkuiri terhadap Hasil Belajar Materi Ekosistem. Unnes.J.Biol.Educ. Vol. 2 2012.

Setyarsono, E.F. 2012. Pengaruh Sumber Belajar Otentik dalam Field Trip di Pantai Teluk Awur terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Ekosistem. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sudjana, N. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Tahe, H. 2013. Penggunaan Metode Field Study dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pelajaran IPS Geografi di Kelas VIII SMP Negeri 11 Palu. E-journal Geo-Tadulako FKIP UNTAD

Tanta. 2010. Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Biologi Umum Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Cenderawasih. Jurnal kependidikan dasar vol. 1 no. 1 September 2010

Ujiningsih. 2010. Pembudayaan Sikap Sopan Santun di Rumah dan di Sekolah Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Makalah disampaikan dalam Temu Ilmiah Nasional Guru II 2010 Universitas Terbuka.

Widyaningsih, S.Y, Haryono, Saputro,S. 2012. Model MFI dan POGIL Dari Aktivitas Belajar dan Kreativitas Siswa terhadap Prestasi Belajar. Jurnal inkuiri Vol. 1 No. 3 2012

Yulianti, D & Sunardi. 2010. Identifikasi Pencemaran Logam pada Sungai Kaligarang dengan Metode Analisis Aktivasi Netron Cepat (AANC). Jurnal Universitas Negeri Semarang vol. 8 No. 1.

Zulhelmi. 2009. Penilaian Psikomotor dan Respon Siswa dalam Pembelajaran Sains Fisika Melalui Penerapan Penemuan Terbimbing Di Smp Negeri 20 Prkanbaru. Jurnal Geliga Sains 3 (2).

Published
2016-04-05
Section
Articles