KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI POKOK ALJABAR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Diah Laila Khasanah
Edy Soejoko
Mashuri Mashuri

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan LKS pada materi pokok bentuk aljabar melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM), rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan LKS lebih baik dari rata-rata hasil belajar siswa dengan model konvensional pada materi pokok bentuk aljabar, persentase siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM pada kelas yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan LKS pada materi pokok bentuk aljabar melebihi 80%, dan  persentase siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM pada kelas yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan LKS lebih besar dari persentase siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM pada kelas yang dikenai model pembelajaran konvensional pada materi pokok bentuk aljabar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kranggan. Pengambilan data menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan lembar kegiatan siswa lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional pada materi pokok bentuk aljabar kelas VIII di SMP Negeri 1 Kranggan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Diah Laila Khasanah, Semarang State University

Mathematics departement

Edy Soejoko, Semarang State University

Mathematics departement

Mashuri Mashuri, Semarang State University

Mathematics departement
How to Cite
Khasanah, D., Soejoko, E., & Mashuri, M. (2013). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI POKOK ALJABAR. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i1.3320

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Gillies, Robyn M & Michael Boyle. 2010. Teachers' reflections on cooperative learning: Issues of implementation. Teaching and Teacher Education. 26: 933-940.

Lie, Anita. 2010. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo
Ramadhan, Tarmizi. 2010. Talking Stick. Tersedia di http://tarmizi.wordpress.com/2010/02/15/talking-stick/ [diakses 15-03-2012].

Sodikin, Edy N. & Y. Tyas C. P. 2009. Jurnal Penyesuaian dengan Modus Pembelajaran untuk Siswa SMK Kelas X. Jurnal Teknologi Informasi. 5 (3).

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyitno, A. 2004. Dasar-Dasar Proses Pembelajaran 1. Semarang: UNNES Press.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif
Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Most read articles by the same author(s)