KEEFEKTIFAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN PEMANFAATAN CD PEMBELAJARAN DAN ALAT PERAGA TERHADAP SIKAP KREATIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MTs MIFTAKHUL KHOIROT TAHUN PELAJARAN 2011/2012 PADA MATERI POKOK PERSEGI DAN BELAH KETUPAT

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Atik Suryani
Sugiarto Sugiarto
Alamsyah Alamsyah

Abstract

Berdasarkan observasi di MTs. Miftakhul Khoirot Semarang, kurangnya pemanfaatan media dan kurangnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran membuat pembelajaran matematika di sekolah tersebut selama ini masih kurang optimal. Tahun 2011/2012, 28 peserta didik dari 31 peserta didik  (90%) belum mencapai nilai 60 pada Ulangan Akhir Semester 2. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas VII MTs. Miftakhul Khoirot pada pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan pemanfaatan CD pembelajaran dan alat peraga pada materi pokok persegi dan belah ketupat, untuk mengetahui bahwa hasil belajar  pembelajaran dengan model tersebut lebih baik dari pembelajaran ekspositori dan untuk mengetahui bahwa sikap kreatif peserta didik pada pembelajaran tersebut lebih baik dari pembelajaran ekspositori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proporsi peserta didik kelas eksperimen yang mencapai KKM individual lebih dari 74,5% sedangkan proporsi ketuntasan belajar peserta didik kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji kesamaan dua rata-rata skor sikap kreatif peserta didik, diperoleh skor sikap kreatif  peserta didik dengan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan pemanfaatan CD pembelajaran dan alat peraga lebih baik dari rata-rata skor sikap kreatif peserta didik dengan pembelajaran ekspositori.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Atik Suryani, Semarang State University

Mathematics departement

Sugiarto Sugiarto, Semarang State University

Mathematics departement

Alamsyah Alamsyah, Semarang State University

Mathematics departement
How to Cite
Suryani, A., Sugiarto, S., & Alamsyah, A. (2013). KEEFEKTIFAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN PEMANFAATAN CD PEMBELAJARAN DAN ALAT PERAGA TERHADAP SIKAP KREATIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MTs MIFTAKHUL KHOIROT TAHUN PELAJARAN 2011/2012 PADA MATERI POKOK PERSEGI DAN BELAH KETUPAT. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i2.3332

References

Asikin dan Pujiadi. 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan CD Interaktif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa SMA Kelas X. Lembaran Ilmu Kependidikan, 37(1): 37-45.

Husain, Sapia. 2011. Kreativitas Guru dalam Merancang Lingkungan sebagai Sumber Belajar pada Mata Pelajaran Produktif di SMK Kota Gorontalo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan, Vol. 8 No. 1.

Muhlishin, Ali. 2010. Pembelajaran Berbasis CTL dengan Memanfaatkan Alat Peraga Persegi Satuan pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pokok Keliling dan Luas Persegi Panjang untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivita Siswa SD Sitirejo Kab. Pati Kelas III Tahun 2008/2009. Skripsi. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Munandar, Utami. 1999. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Murtandho, Ali. 2009. Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS)Berbantuan Media CD terhadap Kemampuan pemecahan Masalah Siswa SMP Kelas VIII Materi Pokok Keliling dan Luas Lingkaran. Skripsi. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Pepkin, L. Kasen. 2005. Creative Problem Solving In Math. Tersedia di http://www,mathematic.transdigit.com/index.php/category/mathematic-info/ (diakses 12 November 2011).

Purwanto. 2005. Kreativitas Berpikir Peserta didik dan Perilaku dalam Tes. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Nasional.

Sobel dan Maletsky. 1999. Mengajar Matematika. Jakarta: Erlangga.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiarto. 2010. Bahan Ajar Workshop Pendidikan Matematika 1. Semarang: Jurusan Matematika Unnes.

Most read articles by the same author(s)