KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS BERBANTUAN WORKSHEET DENGAN MENYISIPKAN JEDA STRATEGIS SCRAMBLED

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Aditya Nursasongko

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) berbantuan worksheet dengan menyisipkan jeda strategis scrambled mencapai ketuntasan belajar dan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan pembelajaran kooperatif TPS berbantuan worksheet dengan menyisipkan jeda strategis scrambled lebih tinggi daripada prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran ekspositori. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP N 22 Semarang tahun pelajaran 2012/2013. Dengan teknik cluster random sampling terpilih sampel siswa kelas VII-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-E sebagai kelas kontrol. Data penelitian berupa data kemampuan pemecahan masalah dengan metode tes. Data tersebut diuji dengan uji proporsi dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan pembelajaran kooperatif TPS berbantuan worksheet dengan menyisipkan jeda strategis scrambled mencapai ketuntasan belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran kooperatif TPS berbantuan worksheet dengan menyisipkan jeda strategis scrambled lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran ekspositori. Jadi, pembelajaran kooperatif TPS berbantuan worksheet dengan menyisipkan jeda strategis scrambled efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Aditya Nursasongko, Semarang State University

Mathematics Departement
How to Cite
Nursasongko, A. (2014). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS BERBANTUAN WORKSHEET DENGAN MENYISIPKAN JEDA STRATEGIS SCRAMBLED. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v3i3.4486

References

Dewiyani, 2008. Mengerjakan Pemecahan Masalah dengan Menggunakan Langkah Polya. Stikom Jurnal, 12(2):87-95. Tersedia di http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/ 122088796.pdf [diakses 20-1-2013]
Laubach Literacy Ontario. 2002. 50+ Games and Activities to Use with a Small Group. New York: Each One Teach One.
Maher, A. 2004. Learning Outcomes in Higher Education: Implications for Curriculum Design and Student Learning dalam Journal of Hospitality, Leisure, Sport, and Tourism Education Vol. 3 No. 2 ISSN 1473-8376.
Lie, A. 2004. Cooperative Learning – Mempraktikkan Cooprerative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Polya, G. 1957. How to Solve It. United States of America: Princenton University Press.
Slavin. 2010. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Schoenfeld, A H. 2013. Reflections on Problem Solving Theory and Practice dalam Jurnal The Mathematics Enthusiast, ISSN 1551-3440, Vol. 10, nos.1&2, pp.9-34 . USA:Dept. of Mathematical Sciences-The University of Montana.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka.