ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP PADA MODEL PEMBELAJARAN TSTS DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Cintya Putri Permata
Kartono Kartono
Sunarmi Sunarmi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa pada model TSTS dengan pendekatan scientific dan menjelaskan fakor penghambat kemampuan komunikasi matematis. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu 6 siswa kelas VIII G SMP N 16 Semarang tahun 2014/2015. Metode yang digunakan adalah tes, wawancara, dokumentasi, dan lembar pengamatan. Hasil penelitian yang diperoleh untuk subjek kelompok tinggi cenderung mampu mencapai indikator mengekspresikan, mendemonstrasikan, menggambarkan, dan menginterpretasikan ide matematis serta kemampuan menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi matematika, struktur-strukturnya untuk menyajikan ide matematis. Hambatan yang dimiliki subjek kelompok tinggi dari faktor kemampuan membaca dan menulis. Kelompok sedang cenderung mampu mencapai indikator kemampuan mendemonstrasikan, menggambarkan, mengevaluasi ide matematis, dan kemampuan menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi matematika, struktur-strukturnya untuk menyajikan ide matematis. Hambatan yang dimiliki subjek kelompok sedang dari faktor kemampuan membaca, menulis, dan pemahaman matematik. Sedangkan kelompok rendah cenderung mampu mencapai indikator mendemostrasikan, menggambarkan, dan menginterpretasikan ide matematis serta memiliki hambatan dari faktor kemampuan membaca, menulis, pengetahuan prasyarat, dan pemahaman matematik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Permata, C., Kartono, K., & Sunarmi, S. (2015). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP PADA MODEL PEMBELAJARAN TSTS DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7452

References

Afifudin, H. dan Saebani, B.A. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Pustaka setia.

Anni, C. T. dkk. 2006. Psikologi Belajar. Semarang:UPT MKK UNNES.

Ansari, B.I. 2009. Komunikasi Matematis Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: PENA.

Asikin, M dan Junaedi, I. 2013. Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP dalam Setting Pembelajaran RME (Realistic Mathematisc Education). UJMER. Vol. 2. No. 1. Disajikan di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/ 1483/1440 diakses 15 Maret 2015.

Brendefur, J. dan Frykhlom, J. 2000. Promoting Mathematical Communication In TheClassroom: Two Preservice Teachers’ Conceptions And Practices. Journal of Mathematics Teacher Education. Vol. 3. Hal 125–153. Disajikan di http://link.springer.com/article/10.1023/A%3A100994703 2694#page-1. Diakses 20 Desember 2014.

Clark, Karen K, dkk. 2005. Strategies for Building Mathematical Communication in the Middle School Classroom: Modeled in Professional Development, Implemented in the Classroom. Current Issues in The Middle level education 11(2), 1-12. Disajikan di https://cset.stanford.edu /sites/default/files/files/documents/publications/Borko-Strategies%20for% 20Building%20Mathematical%20Communication%20in%20the%20 Middle%20School%20Classroom%20.pdf. Diakses 20 Maret 2014.

Gunawan, G. 2014. Peran Strategi React Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1. Hal 243-250. Disajikan di http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/files/2014/01/ Prosiding-15-Januari-2014.pdf. Diakses 20 Desember 2014.

Hadi, S. 2010. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Model Think Talk Write (TTW) Peserta Didik SMPN 1 Manyar Gresik. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 1, No 2. Disajikan di http://ejournal.umm.ac.id/index.php/penmath/article/view/611. diakses 31 Maret 2015.

Haerudin. 2014. Pengaruh Pendekatan Scientific Terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika dan Kemandirian Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1. Hal 251-259. Disajikan di http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/files/2014/01/ Prosiding-15-Januari-2014.pdf. Diakses 20 Desember 2014.

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hosnan, M. 2013. Pendekatan saintifik dan konstektual dalam pembelajaran abad 21.Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kosko, K. W., dan Wilkins, J. L. M. 2010. Mathematical Communication and Its Relation to the Frequency of Manipulative Use. International Electronic Journal of Mathematics Education. Vol. 5. No.2. Disajikan di http://connection.ebscohost.com/c/articles/52424453/mathematical-communication-relation-frequency-manipulative-use. Diakses 20 Desember 2014.

Mahmudi, A. 2009. Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal MIPMIPA UNHALU. Vol. 8. No.1. Disajikan di http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Ali%20Mahmudi,%20S.Pd,%20M.Pd,%20Dr./Makalah%2006%20Jurnal%20UNHALU%202008%20_Komunikasi%20dlm%20Pembelajaran%20Matematika_.pdf. Diakses 5 Januari 2015.

Maonde, F., dkk. 2015. The Discrepancy of Students’Mathematic Achievement though Cooperative Learning Model, and the ability in mastering Languages and Science. International Journal of Education and Research. Vol.3 No.1. Disajikan di http://www.ijern.com/journal/2015/January-2015/13.pdf. Diakses 13 Januari 2015.

Moleong, L. J. 2014. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

NCTM. 2000. Curriculum and Evaluation Standard for School Mathematics. Reston: National Council of Teacher of Mathematics.

Noviyanti, S., Kartono, dan Suhito. 2013. Penerapan Pembelajaran Missouri Mathematics Project pada Pencapaian Kemampuan Komunikasi Lisan Matematis Siswa Kelas VIII. UJME. Vol. 2. No. 2. Disajikan di journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article /download/3338/3079. Diakses15 Februari 2015.

Prayitno,S., Suwarsono, dan Tatag. 2013. Komunikasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Seminar nasional Matematika dan Pendidikan matematika. ISBN : 978 – 979 – 16353 – 9 – 4. Disajikan di eprints.uny.ac.id/10796/1/P%20-%2073.pdf. Diakses 12 Januari 2015.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Suherman, E, et al. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Malang: JICA.

Yunus, M. Suyitno,H. Waluyo,St.B. 2013. Pembelajaran TSTS Berbasis Konstruktivisme Berbantuan CD Pembelajaran Untuk Menumbuhkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. UJME. Disajikan di http://unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer diakses 1 Januari 2015.