pagar rumah minimalis desain rumah sederhana modern interior design rumah minimalis sederhana model rumah sederhana teras rumah minimalis umpan ikan mas umpan ikan bawal umpan ikan nila umpan ikan lele umpan ikan patin umpan ikan gejala penyakit jantung ciri ciri penyakit jantung gejala sakit jantung penyakit jantung koroner ciri penyakit jantung penyebab penyakit jantung penyebab kanker serviks gejala kanker serviks ciri ciri kanker serviks gejala kanker otak ciri ciri kanker otak cara menurunkan berat badan cara meninggikan badan cara mengatasi rambut rontok cara mengatasi keputihan cara berhenti merokok cara menghilangkan bau kaki cara menghilangkan panu cara menghilangkan karang gigi cara menurunkan kolesterol cara mengatasi insomnia cara bermain gitar cara belajar gitar cara bermain catur cara bermain rubik belajar bermain gitar cara bermain drum cara bermain piano cara bermain clash of clans tips bermain clash of clans cara main clash of clans cara memainkan gitar cara menghilangkan jerawat cara menghilangkan bekas jerawat cara menghilangkan komedo cara menghilangkan jerawat cara menghilangkan bekas jerawat cara menghilangkan komedo download clash of clans for pc download clash of clans for pccara alami menghilangkan ketombeCara Alami Menghilangkan Bekas Luka Dengan Cepatberbagai cara menghilangkan bau badancara menghilangkan bau mulut secara alami

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE CIRC BERBASIS MEMBACA BERBANTUAN CD INTERAKTIF MATERI SEGIEMPAT KELAS VII

L. Akhsani, Sukestiyarno -, Wiyanto -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan metode circ berbasis membaca berbantuan cd interaktif pada materi segiempat kelas vii yang valid, (2) mendeskripsikan hasil kepraktisan penggunaan perangkat, dan (3) implementasi perangakat pembelajaran efektif. Penelitian menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, penyebaran. dalam penelitian ini hanya sampai tahap ketiga. Jenis perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Silabus, RPP, Buku Guru, Buku Peserta didik, LKPD, dan Tes Prestasi Belajar. Hasil penelitian menunjukkan (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah dinyatakan valid oleh validator dengan skor rata-rata 3,6 dari skor tertinggi 4; (2) hasil observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran diperoleh 3,6 dari skor tertinggi 4 dan respon peserta didik diperoleh 87% yang berarti perangkat yang dikembangkan praktis; (3) uji coba perangkat menghasilkan (a) secara signifikan prestasi belajar peserta didik melebihi KKM = 70 dengan rata-rata 84,05 dan lebih dari 80% peserta didik mencapai KKM yaitu 94%. (b) sikap peserta didik berpengaruh positif terhadap prestasi belajar dengan persamaan  ? =25,560+1,009X1, dengan pengaruh sebesar 45,1%. (c) keterampilan proses peserta didik berpengaruh positif sebesar 26,3% terhadap prestasi belajar dengan persamaan ? =20,122+0,932X2, (d) sikap dan keterampilan proses peserta didik berpengaruh positif sebesar 36,9% terhadap prestasi belajar dengan persamaan  ? =15,362+0,862X1+0,103X2, (e) secara signifikan rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen  84,05 lebih baik daripada prestasi belajar kelas kontrol 66,58. Secara umum perangkat pembelajaran matematika dengan metode CIRC berbasis membaca berbantuan CD interaktif memenuhi valid perangkat, praktis penggunaan dan efektif pembelajaran.

 

This study aims to: (1) create valid mathematic learning instrument using CIRC method based on reading assisted by interactive CD on material of “square” in vii class (2) describe the practicality of instrument usage, and (3) implement the effective learning instrument. The research uses the 4-D development model consisting of defining, planning, developing, and implementing stages. However, this research reaches on the third stage. The type of learning instruments are syllabus, lesson plan, teacher guideline, students guideline, LKPD, and learning achievement test. This research comes into finding that; (1) the developed learning instrument is considered as valid by the validators with the average score 3,6 out of 4; (2) the observation result on teacher ability in delivering the teaching activity is 3,6 out of 4 and students response on 87% which means the learning instruments are practical; (3) the learning instrument trial significantly results (a) students’ learning achievement above KKM =70 with the average 84,05 and more than 80% of students achieve KKM in 94%. (b) the behavior of students positively affect the students’ learning achievement with the equation ? =25,560+1,009X1, with the influence as many as 45,1%. (c) ability process of students influences positively as many as 26,3% toward  the students’ learning achievement  with the equation  ? =20,122+0,932X2, (d) the students’ behavior and ability process influence positively as many as 36,9% toward  the students’ learning achievement  with the equation  ? =15,362+0,862X1+0,103X2, (e) significantly, the average of students’ learning achievement of  experimental class is 84,05. It is better than the control class which is only 66,58. Generally, the mathematic learning instrument using CIRC method based on reading assisted by interactive CD is considered as valid, practical, and effective learning.


Keywords


Instrument; Learning CIRC; Mathematic; Square

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.