Abstract

Latar belakang  penelitian ini adalah adanya rentang perbedaan hasil belajar kimia yang sangat tinggi diantara siswa kelompok atas dengan kelompok bawah. Rata-rata hasil belajar siswa pada tahun ajaran 2009/ 2010 dan 2010/2011 lebih rendah dari KKM yang ditetapkan yaitu 75 dan 78. Untuk mengatasi permasalahan maka dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran model kooperatif tipe STAD. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan efektivitas belajar dan rasa empati di antara siswa SMAN 1 Pemalang melalui pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan one group pre test-post test. Produk yang dikembangkan adalah silabus, RPP, LKS, bahan ajar, soal test, lembar angket motivasi belajar, empati dan respon siswa, lembar pengamatan afektif dan psikomotorik. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif  saat pre test dan post test. Rata-rata pre test hasil belajar kognitif adalah 41, sedangkan untuk post test adalah 86. N-gain rata-rata untuk hasil belajar kognitif mencapai 0,78. Untuk empati rata-rata nilai post test adalah 84 dengan N-gain sebesar 0,44. Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai N-gain adalah 0,93. Hal ini menunjukkan model kooperatif tipe STAD memberikan pengaruh positif terhadap efektivitas belajar siswa SMA.

 

The background of this research is the range of different chemistry learning outcomes among the fast learners and the slow learners. Average student learning outcomes in the academic year 2009/2010 and 2010/2011 is lower than the minimum completeness criteria which set in 75 and 78. To overcome the problems  then do cooperative learning model development tools STAD type. The purpose of this research is to improve the effectiveness of learning and a sense of empathy among students of SMAN 1 Pemalang through cooperative learning model STAD type. This research is a research development using one group pre test-post test. Products developed are the syllabus, lesson plans, worksheets, teaching materials, test, sheet of motivation questionnaire, empathy and student responses, affective and psychomotor observation sheet.The results showed significant differences between the cognitive learning outcomes at pre-test and post-test. The average pre-test cognitive learning outcomes is 41, while for the post-test is 86. N-gain average for cognitive learning outcomes achieved 0.78. For empathy the average post-test value is 84 with N-gain of 0.44. Students’ motivation has increased by an average value of N-gain is 0.93. This shows that the cooperative model STAD type gave a positive impact on high school students’ learning effectiveness.