Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui tingkat kevalidan perangkat pembelajaran berbasis masalah bervisi SETS  yang dikembangkan. 2) mengetahui apakah model pembelajaran berbasis masalah bervisi SETS yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan proses sains pada kompetensi yang terkait dengan pokok bahasan larutan penyangga 3) mengetahui apakah model pembelajaran berbasis masalah bervisi SETS yang dikembangkan dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa 4) mengetahui apakah model pembelajaran berbasis masalah bervisi SETS yang dikembangkan dapat meningkatkan aktivitas siswa 5) mengetahui apakah siswa memberikan respon positif terhadap model pembelajaran berbasis masalah bervisi SETS yang dikembangkan. Subyek penelitian adalah kelas XI IPA-4 di SMA N 13 Semarang. Penelitian ini memberikan beberapa hasil, meliputi perangkat pembelajaran berbasis masalah bervisi SETS pada kompetensi terkait larutan penyangga yang dikembangkan valid dengan rata-rata 3,69, adanya peningkatan keterampilan proses sains dengan rata-rata klasikal 77 dengan peningkatan tertinggi pada aspek mengamati dengan n-Gain 0,96, adanya peningkatan penguasaan konsep siswa dengan rata-rata klasikal 76, dan 24  dari 31 siswa mencapai ketuntasan belajar dengan KKM ≥ 75, rata-rata ketercapaian aktivitas siswa secara klasikal adalah 94 serta siswa memberikan respon positif.

 

The purposes of this study are 1) determine the level of validity of the problem-based learning package developed  that feature SETS vision, 2)determine whether the problem-based learning model developed SETS vision can improve science process skills, 3) determine whether the problem-based learning model developed SETS vision can improve students’ mastery of concepts,4) determine whether the problem-based learning model developed SETS vision can increase student activity, 5) determine whether students responded positively to problem-based learning model developed at SETS vision competencies related subjects buffers. The variables studied include science process skills, mastery of concepts, student activities, and student responses. This research provides some of the results, including the problem-based learning related vision SETS on competencies developed valid buffer solution with an average of 3.69, an increase of science process skills with classical average of 77 with the highest increase in the aspect of observing the n-Gain 0.96, an increase students’ mastery of concepts with classical average 76, and 24 of the 31 students achieve mastery learning with KKM ≥ 75, the average achievement of students in the traditional activity is 94, and students gave a positive response.