Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kefektifan modul IPA terpadu terintegrasi etnosains tema zat aditif untuk meningkatkan hasil belajar dan menumbuhkan minat kewirausahaan siswa. Metode yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research and development (R&D). Penelitian ini dilakukan 4 tahapan yaitu Define, Design, Development, dan Implementation. Metode penggumpulan data dalam penelitian ini terdiri atas: (1) wawancara, (2) metode kuisioner (angket), (3) metode tes, dan (4) dokumentasi. Metode analisis data terdiri atas: (1) analisis intsrumen tes, (2) analisis kelayakan modul, dan (3) analisis keefektifan modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan modul IPA terpadu berbasis etnosains yang digunakan dinyatakan sangat layak sesuai BNSP dengan rata-rata persentase validasi pada aspek kelayakan isi 94,3%, kelayakan bahasa 86%, dan kelayakan penyajian 92%. Ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar 90,63%, dan N-gain sebesar 0,6 pada taraf pencapaian sedang. Persentase minat kewirausahaan siswa82,81% dengan keriteria mulai berkembang. Dengan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Modul IPA Terpadu terintegrasi etnosains tema zat aditif untuk siswa SMP/MTs layak dan efektif digunakan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan hasil belajar dan menumbuhkan minat kewirausahaan pada siswa SMP/MTs.


 


This study aims to determine how the feasibility and effectiveness of integrated science module based ethnoscience with additives theme to increase student learning outcomes and make students interest in entrepreneurship.The method used is the Research and Development or Research and development (R&D). In this research, there are four stages is namely Define, Design,Development and Implementation.The data collecting method in this research consist of (1) interview (2) questionare (3) test method and (4) documentation. Data analysis method consist of (1) test analysis instrument (2) reasonable analysis module (3) module effectivity analysis. Based on the research results it is obtained that Science Integrated Module feasibility with an average percentage of validation on the feasibility aspect of the content 94,85 %, language appropriateness 86 %, and feasibility of presentation 92%.Completeness results of classical study of 90,63%and n-gain of0,6 on a medium standard of achievement. Students entrepreneur interest persentage as big as 82,81% with criteria start developing. Therefore, it can be concluded that Integrated Science Module Based Ethnoscience with additives Theme for Students SMP/ MTs feasible and effective to increase student learning outcomes and make students interest in entrepreneurship for students of SMP/MTs.