Abstract

Sebagian besar mahasiswa fisika memiliki pandangan fisika klasik dalam mempelajari fisika kuantum. Pembelajaran pemodelanpada penelitian ini dilaksanakan untuk mengidentifikasi perubahan model mental mahasiswa dalam mempelajari model konseptual kuantum. Model mental adalah gambaran yang tercipta dalam pikiran tentang suatu fenomena alam. Model konseptual adalah gambaran dari fenomena alam yang sesuai dengan pandangan para ilmuan.Analisis kualitatif yang digunakan pada penelitian ini adalah grounded theory. Hasil dari analisis tersebutdidapatkan pandangan (model mental) mahasiswa tentang konsep fisika kuantum adalah model kuantum, intermediate dan mekanikaklasik.Mahasiswa mengalami perubahan daerah dimensi pemahaman dari mekanika klasik menjadi model mental kuantum.Akurasi dari identifikasi model mental mahasiswa dapat ditingkatkan dengan membuat gambar interpretasi secara berulang. Gambar tersebut dapat diperkuat dengan hasil observasi dan wawancara.


 


Most of physics students hold classical physics perspective when they learn quantum physics. Modeling instruction is implemented to identifymental modelschanging in learning quantum conceptual models.Mental model is animage created in the mind of a natural phenomenon. The conceptual models are a description of natural phenomena in appropriate with the scientistsperspective.Qualitative analysis used in this research is grounded theory. The results of identification student model mental is categorized as quantum, intermediate and clasical mechanics. Students haveexperienced changing of dimensional understanding area from classical mechanics into a quantum perpective. The accuracy of mental modelidentification can be improved by making the interpretation image repeatedly.The images can be legitimated by observations and interviews.