Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) seberapa besar peningkatan hasil belajar; (2) adanya perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol; (3) adanya pengaruh antara respon peserta didik, motivasi belajar dengan observasi kegiatan pembelajaran terhadap hasil belajar, dan (4) keefektifan alat peraga neraca Cavendish yang digunakan pada pembelajaran Fisika di sekolah menengah atas. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan menurut Thiagarajan  yng meliputi tiga tahap yaitu: (1) studi pendahuluan; (2) pengembangan; dan (3) implementasi. Instrumen penelitian meliputi: (1) penilaian ahli terhadap alat peraga yang dikembangkan; (2) soal tes, (3) penilaian angket respon peserta didik, (4) observasi kegiatan pembelajaran, (5) angket motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data uji validasi dan tes. Kesimpulan penelitian ini: (1) pembelajaran dengan menggunakan alat peraga neraca cavendish dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, (2) Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan skor thitung lebih besar dari ttabel, (3) penilaian ketiga aspek skor respon yang diperoleh peserta didik tidak memiliki pengaruh terhadap hasil belajar, tetapi motivasi belajar keduanya memiliki pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar, (4) Alat peraga neraca Cavendish efektif dalam kegiatan pembelajaran.

Abstract

The objectives of  this research are: (1) Improving learning outcome; (2) Difference learning outcomes between experiment and control; (3) Inf luence between student response, motivation with activity observation as a learning outcome, and (4) The effectiveness of  Cavendish balance of  aids used on physics learning. This study is Research and Development study (R&D) adopted from Thiagarajan developing which consist of three steps is (1) Pre-study; (2) Developing step; and (3) Implementation. The instruments of the study as the following: (1) Expert and teacher assessment on Cavendish balance of aids; (2) test of question; (3) student responses assessment; (4) activity observation; and (5) motivation. Technique analyses of the data used in this study were test and validation analysis. The conclusions of this study are as follows: (1) Learning process using the Cavendish balance of  aids can improve the learning outcome, (2) There is a significant different in experiment and control class where tcalculate score is higher than ttable;   (3) for three aspect response assessment scores obtained by the students did not have an inf luence on learning outcomes, but if a motivation, both have an inf luence on learning outcomes; and (4) Cavendish balance of aids was effective to be used on physics learning.