Abstract

Abstrak

Ketika peradaban bangsa mulai bergeser dan karakter masyarakat menurun atau kurang baik mulai meluas tentu menjadi suatu keprihatinan. Mencermati hal tersebut di atas perlu diadakan inovasi model pembelajaran yang menuju ke arah pencapaian pembelajaran yang aktif, menyenangkan dan membiasakan pendidikan karakter   yang   baik.   Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mengetahui   perbedaan pembiasaan karakter dan hasil belajar siswa antara kelas yang menerapkan peer assessment  dalam  jigsaw  dengan  kelas  yang  menerapkan  pembelajaran  jigsaw tanpa peer assessment. Metode penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitiannya menggunakan The Randomized Pretest- Posttest Control Group Design. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA salah satu SMA di Kabupaten Kendal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil uji hipotesis menggunakan Uji-t satu ekor, didapatkan bahwa penggunaan model pembelajaran tipe jigsaw dengan menerapkan penilaian peer assessment dapat lebih meningkatkan pembiasaan karakter siswa dan lebih meningkatkan penguasaan konsep fluida dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran tipe jigsaw tanpa menerapkan penilaian peer assessment dalam pembelajaran fluida. N-gain penguasaan konsep fluida pada pembelajaran tipe jigsaw yang menerapkan peer assessment sebesar 0,80. N-gain penguasaan konsep pada pembelajaran tipe jigsaw yang tidak menerapkan peer assessment sebesar 0,51.

Abstract

When a civilization began decrease and character of the society decrease become widespread, certainly this fact becomes a point of concern. Looking up at this problem should be done a learning model innovation towards the achievement of active learning; fun and educational accustom of  good characters. This study aimed to determine differences in habituation of character and learning outcomes of students between classes which implementing jigsaw with peer assessment and a class that implements jigsaw without peer learning assessment. The method is a research study conducted experiment  using the Randomized Pretest - posttest control group design. Research subjects in this study were students of  class XI Science of  a high school in Kendal. Based on the results of this study can be concluded that the results of hypothesis testing using one tailed t-test, it was found that the use of a jigsaw learning model by applying the assessment of peer assessment can improve habituation character and further enhance student mastery of the concept of f luid compared with the use of a jigsaw learning model without applying assessment peer assessment in learning the f luid. N-gain of mastery learning concept on a jigsaw that implements a peer assessment is 0.80. whilst N-gain mastery learning concept on a jigsaw type that does not implement a peer assessment is 0.51.