Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada materi dampak pencemaran bagi kehidupan yang valid, efektif, dan praktis. Perangkat yang dikembangkan meliputi RPP, bahan ajar, dan alat evaluasi. Prosedur pengembangan mengadaptasi model Dick & Carey. Hasil validasi  oleh  pakar  menunjukkan  bahwa  perangkat  pembelajaran  valid  untuk digunakan. Perangkat yang telah divalidasi kemudian diujicobakan di kelas VII B SMP N 1 Trangkil sebagai uji coba skala kecil. Hasil uji coba skala kecil digunakan sebagai masukan terhadap perangkat pembelajaran dan proses pembelajaran. Langkah berikutnya adalah uji coba skala luas di kelas VII C, VII D, dan VII E. Desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik valid, efektif terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa serta praktis berdasarkan respon guru, respon siswa, dan kinerja guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat diberikan saran yaitu perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik dapat diterapkan pada materi lain dan aspek yang diteliti dapat ditambah misalnya mengenai kreativitas siswa dan kemampuan berpikir kritis.

Abstract

This research aimed to develop device learning by scientific approach rendering on any material impact pollution to life, knowing validity, effectiveness, and practicability. A device developed includes lesson plans, teaching materials, and an evaluation tool. Development procedure adapted the model of  Dick & Carey. The results of  the validation by experts show a device learning valid to use. A device that has been validated then tried out in the class VII B SMP N 1 Trangkil as the trial of a small scale.The outcome of  the trial a small scale used as an input to a device of learning. The next step is a wide-scale testing in grade VII C, VII D and VII E. Design research used is one-group pretest-posttest design. The results of research show that learning device with a scientific approach are valid, effectively to the learning outcomes and student learning activities and practical based on responses of teachers, student response, and teacher performance. Based on the research results can be given advice that the scientific approach to learning can be applied to other materials and aspects studied can be added such as the students’ creativity and critical thinking skills.