UPAYA TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PROGRAM KEJAR PAKET C DI PKBM UBAYA MUKTI KELURAHAN PURBALINGGA KULON KECAMATAN PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA

  • Fatimah Gaby Ramadhani Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Efforts tutor, Motivation to learn

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini, yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan motivasi belajar warga belajar Program Kejar Paket C; (2) Untuk menjelaskan upaya-upaya apa saja yang dilakukan tutor meningkatkan motivasi belajar warga belajar; (3) Untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar warga belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian berjumlah 12 orang, yang terdiri dari 6 orang tutor dan 6 orang warga belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) Motivasi belajar warga belajar kejar paket C rendah. (2) Upaya-upaya yang dilakukan tutor antara lain: (a) upaya akademik tutor: memberikan apersepsi, menjelaskan tujuan pembelajaran, memberikan acuan materi, dan mempertimbangkan penggunaan metode dan media pembelajaran; (b) upaya non akademik: performa tutor, keaktifan tutor dan pemberian pujian/hukuman. (3) Faktor pendukung, antara lain: letak PKBM Ubaya Mukti yang strategis, perhatian dari tokoh masyarakat yang cukup besar, PKBM Ubaya Mukti memperoleh dana dari pemerintah dan swadaya, adanya program pelatihan keterampilan, motivasi dan kualifikasi tinggi yang dimiliki ole tutor. Faktor pengambat, antara lain: faktor pekerjaan, cuaca yang tidak mendukung seperti hujan dan mati listrik, kurangnya tutor; dan pasifnya TBM.

References

Adi, Prasetya. 2008. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Belajar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Warga Kejar Paket C (KPC) Di SKB Kota Semarang Tahun 2007/2008. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang. FIP UNNES.

Anni, Catharina Tri, dkk. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Asrori, Mohammad. 2009. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar Edisi Kedua. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, Pupuh dan Sobry Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: PT. Refika Aditama.

Iqbal, Fadhil. 2011.pusat kegiatan belajar masyarakat dalam pendidikan luar sekolah, (Online), (http://1qbal.blogspot.com/2011/09/pusat-kegiatan-belajar-masyarakat-dalam-pendidikan-luar-sekolah.html, diakses tanggal 03 Maret 2013).

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nainggolan, Lilis 2012. Pendidikan dan tenaga Kependidikan PLS, (Online), (http://naingg.blogspot.com/2012/05/pendidikan-dan-tenaga-kependidikan pls.html, diakses 12 Februari 2012).

Nurhalim, Khomsun. 2011. Strategi Pembelajaran Pendidikan Non Formal. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Saputra, Fajar. 2010. Faktor-Faktor Motivasi Belajar, (Online), (http://tentangkomputerkita.blogspot.com/2010/05/faktor-faktor-motivasi-belajar.html, diakses 12 Februari 2013).

Sardiman. 2012. Interaksi & Motivasi Melajar Mengajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sucrama, Alintang Widhiwaca. 2008. Upaya Tutor Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Kesetaraan Paket A, B, dan C (Studi Kasus Di PKBM Ki Hadjar Dewantara Kecamatan Sukun Kota Malang). Skripsi tidak diterbitkan. Malang. FIP. Universitas Negeri Malang

Sugiyono. 2012. Metode Penelitia Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaodih Sukmadinata, Nana. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tri Joko, Raharjo. 2005. Tenaga Kependidikan Tutor Kesetaraan Kejar Paket A,B dan C. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Uno, Hamzah. 2012. Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Yarnit, M. 2000. Towns, cities and regions in the learning age: A survey of learning communities, (Online), (http//www.ala.asn.au/learningcities/LGAlearningLayout.pdf diakses tanggal 25 Februari 2013)

Published
2012-03-01
How to Cite
Ramadhani, F. (2012). UPAYA TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PROGRAM KEJAR PAKET C DI PKBM UBAYA MUKTI KELURAHAN PURBALINGGA KULON KECAMATAN PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(1). https://doi.org/10.15294/jnece.v1i1.2785
Section
Articles