UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT MELALUI TAMAN BACAAN MASYARAKAT AREA PUBLIK DI KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG

  • Juniawan Hidayanto
Keywords: Public areas TBMs, Interest Community Reading

Abstract

Sebagai salah satu program pendidikan non formal dan Dalam rangka ikut mencerdaskan kehidupan bangsa serta usaha melestarikan program Pendidikan Non Formal melalui salah satu program pemberdayaan masyarakat dengan Pengembangan gerakan literasi serta pengembangan Budaya Baca pada masyarakat akan peningkatkan pengetahuan dan wawasan yang lebih baik dan ber arah pada progress atas kehidupan serta berkepribadian baik pribadi , kelompok maupun dalam bermasyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Upaya Taman Bacaan Masyarakat Area Publik dalam meningkatkan minat baca masyarakat, Kendala-Kendala apa yang dihadapi dalam meningkatkan minat baca masyarakat, bagaimanakah solusi yang ditempuh untuk mengatasi kendala kendala yang dihadapi dalam meningkatkan minat baca. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan Upaya Taman Bacaan Masyarakat Area Publik dalam meningkatkan minat baca masyarakat, Mendeskripsikan Kendala-Kendala apa yang dihadapi dalam meningkatkan minat baca masyarakat, Mendiskripsikan solusi yang ditempuh untuk mengatasi kendala kendala yang dihadapi dalam meningkatkan minat baca. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di TBM Cita Agung, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Subyek penelitian yaitu pengelola TBM Citra Agung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Analisis data menggunakan model interaktif melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa Perlu peningkatan Sikap Kedisiplinan dari pengelolaan dan pendampingan sangat dibutuhkan dalam proses dan berlangsungnya kegiatan TBM Area Publik Citra Agung dan juga keberadaan akan TBM ini dirasa bermanfaat dan menjadi suatu layanan publik. Saran yang diajukan peneliti yaitu Perlu adanya pendampingan terhadap pelaksanaan yang pendampingan tersebut dilakukan oleh instansi terkait.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Gol A Gong, Agus M. 2011. Gempa Literasi Dari Kampung Untuk Nusantara.jakarta:kpg.

Istianto, Dwi. 2009. Pasca Sarjana Fakultas Teknik, Program Studi Kajian Pembangunan Perkotaan dan Wilayah, Universitas Krisnadwipayan.

Kementerian Pendidikan Nasional, Dirjen PNFI, Direktorat Pendidikan Masyarakat. 2009. Acuan bantuan Taman Bacaan Masyarakat. Jakarta

Kementerian Pendidikan Nasional, Dirjen PNFI, Pendidikan Masyarakat. Model Taman Bacaan Masyarakat(TBM)Area Publik.2011.

Moleong, Lexy J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rostiani, Erlinda Martha. 2011: Sikap Kewirausahaan Peserta Didik Program Paket B Kelas IX di UPTD SKB Susukan Kabupaten Semarang.

Sasa, Diana AV, dkk. 2010. Taman Bacaan Masyarakat Kreatif. Direktorat Dikmas. Direktorat

Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. Jakarta: Kementerian Pendidikan

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Bandung: Alfabeta. Sutarno, NS. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengarui. Jakarta :Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional http://definisi-pengertian.blogspot.com pengertian-minat.html Accesed 24 Feb 2012) http://definisi-pengertian.blogspot.com pengertian-membaca.html Accesed 24 Feb 2012)

Published
2012-08-01
How to Cite
Hidayanto, J. (2012). UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT MELALUI TAMAN BACAAN MASYARAKAT AREA PUBLIK DI KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2). https://doi.org/10.15294/jnece.v1i2.2814
Section
Articles