MODEL PEMBELAJARAN MAGANG ( STUDI PADA PENGRAJIN LOGAM DI SENTRA HOME INDUSTRI LOGAM KELURAHAN KEJAMBON KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL )

  • Pandu Yoda Aneke Wardani
Keywords: Model Learning, Internships, Industrial Metal

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini, yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran magang di Sentra Home Industri Logam Kelurahan Kejambon Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal; (2) Mendeskripsikan model pembelajaran magang di Sentra Home Industri Logam Kelurahan Kejambon Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal; (3) Mendeskripsikan apa saja hasil yang diperoleh pemagang (peserta didik) setelah mengikuti pembelajaran magang di Sentra Home Industri Logam Kelurahan Kejambon Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan: wawancara, observasi, dokumentasi, dan subyek penelitian ini berjumlah 9 orang yaitu: 2 orang pemilik industri, 2 orang tutor, 2 orang warga belajar, dan 3 orang pemagang yang telah mandiri. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) proses pembelajaran dimulai dari tahapan pemberian pekerjaan yang ringan hingga praktek secara mandiri setelah melihat tutor mendemonstrasikan terlebih dahulu; (2) . Model pembelajaran yang ada di pembelajaran magang ini adalah model belajar pendidikan orang dewasa dengan kegiatan praktek langsung;  (3) hasil yang diperoleh setelah mengikuti proses magang adalah bertambahnya pengetahuan dan ketrampilan, serta adanya sikap mandiri dari pemagang untuk membuka usahanya secara mandiri di rumah masing-masing.

The purpose of this research, include: (1) To describe the process of learning internship in the the Sentra Home Industri of Metal Village Kejambon Eastern District of Tegal, (2) Describe the apprenticeship model of learning in the Sentra Home Industri of Metal Village Kejambon Eastern District of Tegal; (3) Describe any results obtained interns (students) after participating in learning internship in the the Sentra Home Industri of Metal Village Kejambon Eastern District of Tegal. Research using qualitative methods of data collection techniques were used: interviews, observation, documentation, and the subject of this study is 9 people: 2 industrial owner, 2 tutors, 2 learners and 3 interns who are independent. Data analysis is qualitative. The results obtained in this study: (1) the learning process starts from the stage of the employment of mild to practice independently after seeing the first demonstration tutor; (2). Model of learning in this internship is learning learning model of adult education with hands-on activities, (3) the results obtained after following the internship process is increased knowledge and skills, as well as the independent attitude of interns to begin operations independently in their homes each.

References

Anni, Dra. Catharina tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Ahmad rifa’i. 2003. Desain-desain Pembelajaran Orang Dewasa. Semarang: UNNES Press.

Bungin, Burhan. 2010. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Greene, Rebecca. 2006. Belajar Tak Hanya Di Sekolah (Edisi Terjemahan Bahasa Indonesia). Penerbit Erlangga.

Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Hargiyarto, Putut. 2007. Strategi Pembelajaran pada Kegiatan Magang di Industri Kerajinan Logam di Kotagede. Laporan Penelitian Mandiri UNY.

Indonesia. Undang-undang No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Indonesia. Peraturan Menteri tenaga Kerja dan Transmigrasi no. Per.22/Men/IX/2009 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri.

Kamil, M (2002). Model Pembelajaran Magang Bagi Peningkatan Kemandirian Warga Belajar. Studi Pada Sentra Industri Kecil Rajutan dan Bordir di Ciamis. Disertasi PPS UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Kurnia Vita Devi. 2008. Pola Pembelajaran Wirausaha Budidaya Lebah Madu (Kasus Pada Peternak Lebah Madu di Desa Kutosari, Kec. Gringsing. Kab. Batang. Skripsi PLS UNNES Semarang: tidak diterbitkan.

Marzuki, Saleh. 2010. Pendidikan NonFormal: Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan dan Andragogi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: remaja Rosdakarya.

Muhammad Thobroni & Arif Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran ( Pengembangan Wacana dan Praktik

Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Muliawan, Jasa Ungguh. 2008. Manajemen Home Industri: Peluang Usaha Di tengah Krisis. Yogyakarta: Banyu Media.

Nugroho, Setio. 2008. Studi Komparatif Antara Magang dan Pelatihan Kerajinan Batik di Kelurahan Cemani Kecamatan Grogol Sukoharjo. Skripsi PLS UNNES Semarang: tidak diterbitkan.

Nurhalim, Khomsun. 2011. Kumpulan Makalah Hasil Perkuliahan dengan Judul Strategi Pembelajaran Pendidikan Nonformal. Semarang: Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2007 Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.

Sagir, Soeharsono. 1989. Membangun Manusia Karya. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Sudjana, H.D. 2000. Strategi Pembelajaran Orang Dewasa. Bandung: Falah Production.

Sudjana, D. 2000. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Luar Sekolah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production.

Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suprijanto, H. 2007. Pendidikan Orang Dewasa Dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutarto, Joko. 2008. Identifikasi Kebutuhan dan Sumber Belajar Pendidikan Nonformal. Semarang: UNNES Press.

Sutarto, Joko. 2007. Pendidikan Nonformal: Konsep dasar, Proses Pembelajaran & Pemberdayaan Masyarakat. Semarang: UNNES Press.

Syamsu Mapa dan Anisah Basleman. 2011. Teori Belajar Orang Dewasa. Jakarta: Depdikbud.

Tri Joko Raharjo. 2005. Tenaga Kependidikan Tutor Kesetaraan Kejar Paket A, B Dan C. Semarang: UNNES Press.

Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Uno, Dr. Hamzah B. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyu Estiningsih. 2011. Pola pembelajaran Pelatihan Kerajinan Batik Tulis pada Ibu Rumah Tangga pada Program Desa Vokasi di Gemawung Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. Skripsi PLS UNNES Semarang: tidak diterbitkan.

Jurnal Internasional:

Kedrayate, Akanisi. 2012. Non-Formal Education: IS It Relevant or Obsolete?. International Journal of Business, Humanities and Technology Vol. 2 No. 4 June 2012. Australia. Tersedia [online]: http://www.ijbhtnet.com/journals/Vol_2_No_4_June_2012/2.pdf (diunduh pada 21 Februari 2013 12:54)

Published
2012-08-01
How to Cite
Wardani, P. (2012). MODEL PEMBELAJARAN MAGANG ( STUDI PADA PENGRAJIN LOGAM DI SENTRA HOME INDUSTRI LOGAM KELURAHAN KEJAMBON KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL ). Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2). https://doi.org/10.15294/jnece.v1i2.2819
Section
Articles