MONITORING DAN EVALUASI PROGRAM PELATIHAN BATIK BREBESAN (Studi di Mitra Batik Desa Bentar, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes)

  • Eka Widiasih Jurusan Pendidikan Non-Formal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
  • Tri Suminar Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
Keywords: monitoring, program evaluation, training

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan proses monitoring, proses evaluasi program, hasil, dampak, dan faktor pendukung dan penghambat dalam proses pelatihan Batik Brebesan di Mitra Batik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian berjumlah 3 orang yang terdiri dari monitor internal, monitor eksternal, evaluator dan 3 orang informan yaitu peserta pelatihan. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi: triangulasi sumber, metode dan teori. Teknik analisis data yang digunakan dalam  penelitian ini meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: monitoring dilakukan oleh pihak internal dan eskternal dimana monitor internal tidak menggunakan instrumen yang jelas, sedangkan monitor eksternal mengunakan instrumen, evaluator program tidak menggunakan instrumen dan evaluator kurang memenuhi kompetensi evaluator program, hasil pelatihan mencakup tiga aspek yaitu kognitif, keterampilan dan sikap dimana yang paling dominan adalah aspek keterampilan, dampak pelatihan adanya peningkatan kinerja dan peningkatan penghasilan bagi peserta, dan faktor pendukung dan penghambat berasal dari internal dan eksternal. Faktor pendukung internalnya adalah motivasi peserta yang tinggi untuk mengikuti pelatihan dengan didukung oleh instruktur yang kompeten. Sedangkan, faktor penghambat internalnya adalah emosi peserta yang belum stabil dan eksternalnya adalah kesulitan alat transportasi di wilayah Kecamatan Salem.

The purpose of this research is to describe the process of monitoring, program evaluation process, outcomes, and supporting factors and obstacles in the training Batik Brebesan at Mitra Batik. This study used a qualitative approach. Data collection techniques is done by observation, interview and documentation. The subjects included three people consisting of internal monitor, external monitor, evaluator and 3 informants are trainees. Validity of the data in this study include: triangulation of sources, methods and theories. Data analysis techniques used in this study include: data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. The results obtained in this study: the monitoring carried out by the internal and eskternal where internal monitor does not use an instrument that is clear, while the external monitor using the instrument, do not use the instrument program evaluator and evaluator does not meet competency evaluator program, the results of the training includes three aspects: cognitive, skills and attitudes which is the most dominant aspect of skill, the impact of training for improved performance and increased income for participants, and enabling and inhibiting factors derived from the internal and external. Internal supporting factor is the high motivation of participants for training, supported by a competent instructor. Meanwhile, internal inhibiting factor is the emotion of participants is not yet stable and the external is the difficulty of transportation in the District of Salem.

References

Daman. 2012. Monitoring dan Supervisi Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Semarang: _________

Hidayat, M. Taufiq. 2013. Merumuskan Tujuan Pelatihan dalam PLS. https://nonformaleducationunimed.wordpress.com (diakses pada tanggal 12 Februari 2015 pukul 17.21)

Kamil, Mustofa. 2007. Model Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Alfabeta.

Kemennaker. Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan

Moerdiyanto. 2004. Teknik Monitoring dan Evaluasi (Monev) dalam Rangka Memperoleh Informasi unstuk Pengambilan Keputusan Manajemen. http://staff.uny.ac.id (diakses pada tanggal 7 April 2015 pukul 00.15)

Sudjana, Djudju. 2006. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syahida, Kafa. 2015. Monitoring. http://academia.edu (diakses pada tanggal 14 April 2015 pukul 23.11)

Widoyoko, Eko Putro. 2005. Evaluasi Program Pelatihan. http://www.umpwr.ac.id (diakses pada 30 Maret 2015 pukul 21.34)

Zelthaulzallam, Dedet. 2013. Jenis-jenis Pengawasan.

http://dedetzelth.blogspot.in (diakses pada tanggal 13 April 2015 pukul 14.16)

How to Cite
Widiasih, E., & Suminar, T. (1). MONITORING DAN EVALUASI PROGRAM PELATIHAN BATIK BREBESAN (Studi di Mitra Batik Desa Bentar, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes). Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(1). https://doi.org/10.15294/jnece.v4i1.8035
Section
Articles