PERAN PENGELOLA PANTI ASUHAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK ASUH (Studi Empiris Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Danukusumo Kabupaten Purworejo)

  • Rahmania Nur Yuliasari Jurusan Pendidikan Non-Formal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
  • Sungkowo Edy Mulyono Dosen Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
Keywords: Role manager, Discipline children

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pengelola panti asuhan dalam upaya meningkatkan kedisiplinan anak asuh di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Danukusumo Kabupaten Purworejo dan kendala yang dihadapi. Pendekatan penelitian metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 3 orang pengelola. Informan penelitian berjumlah 3 orang, yang terdiri dari 1 pengasuh dan 2 anak asuh. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Teknik penganalisaan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa 1) perlindungan yang diberikan di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Danukusumo 2) bimbingan yang diberikan oleh pengelola kepada anak asuh di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Danukusumo 3) pembinaan yang diberikan di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Danukusumo 4) kendala yang dihadapi oleh pengelola panti asuhan dalam memberikan perlindungan, bimbingan, dan pembinaan dalam upaya meningkatkan kedisiplinan anak asuh.

This study aims to determine the role of the manager of an orphanage in an effort to improve the discipline of foster children in Orphanage Orphans Muhammadiyah Danukusumo Purworejo and to identify constraints faced by the manager of an orphanage in an effort to improve the discipline of foster children in Orphanage Orphans Muhammadiyah Danukusumo Purworejo. Qualitative descriptive method research approach. Subjects numbered 3 people manager. The informants totaling 3 persons, consisting of 1 and 2 caregivers foster children. Validity of the data in this study using triangulation source. Data analysis technique used in this research is data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. The study states that 1) the protection provided in Orphanage Orphans Muhammadiyah Danukusumo 2) the guidance given by the management to foster children at the Orphanage Orphans Danukusumo Muhammadiyah 3) The guidance provided in Orphanage Orphans Muhammadiyah Danukusumo 4) constraints faced by carers care in providing protection, assistance, and guidance in order to improve discipline in foster care.

Role manager , Discipline children

References

Ahmadi, Abu. 1979. Psikologi Sosial. Surabaya: PT. Bina Ilmu.

Ekosiswoyo, Rasdi dan Maman Rachman. 2000. Manajemen Kelas. Semarang: CV. IKIP Semarang Press.

Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Semiawan, Conny. 2009. Penerapan Pembelajaran Pada Anak. Jakarta: PT. Indeks.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

How to Cite
Yuliasari, R., & Mulyono, S. (1). PERAN PENGELOLA PANTI ASUHAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK ASUH (Studi Empiris Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Danukusumo Kabupaten Purworejo). Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2). https://doi.org/10.15294/jnece.v4i2.8045
Section
Articles