PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN HIDUP MELALUI KURSUS MENJAHIT DI LKP ELISA TEGAL

  • Nindri Rakhmadani Sucipto Jurusan Pendidikan Non-Formal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
  • Joko Sutarto Dosen Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
Keywords: Empowerment, life skills, sewing courses

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pemberdayaan serta faktor pendukung dan penghambat proses pemberdayaan masyarakat miskin melalui kursus menjahit di Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Elisa Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian 1 pengelola LKP, 2 instruktur dan 3 warga belajar. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teori. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan proses pemberdayaan meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Faktor pendukung yang meliputi keterlibatan nara sumber dengan mitra kerja, instruktur yang sangat berkompeten, motivasi warga belajar, materi yang disesuaikan dengan standar dunia usaha dan industri serta faktor penghambat meliputi waktu pembelajaran yang sangat terbatas, perbedaan tingkat pendidikan warga belajar, keterlambatan dana dan ruang belajar yang kurang memadai.

This study aims to describe the process of empowerment as well as factors supporting and inhibiting the process of empowerment of the poor through a sewing course in the Course And Training Institute Elisa Tegal. This study used a qualitative approach with descriptive methods, techniques of data collection is done by means of interviews, observation and documentation. The subject of research are one agency managers, two instructors and three resident learn. The validity of the data used is triangulation of data sources. The technique of data analysis used is descriptive qualitative with the stage as follows: data collection, data reduction, presentation and conclusion. The resultconclusion of the study are the process of empowerment includes lesson planning, implementation and evaluation of learning. Supporting factors include resource engagement with partners, instructors were very competent, motivation of learners, material adapted to the standards of business and industry and inhibiting factors include learning a very limited time, differences in the level of education learners, delays in funding and inadequate classrooms.

References

Depdiknas. 2003. Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003,tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Cipta Jaya.

Fakhrudin. 2011. Evaluasi Program Pendidikan Nonformal. Semarang: UNNES PRESS.

Hartan, Diko. 2012. Media Pembelajaran (Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Fungsi) dalam http://der-traumer.blogspot.com diakses 16 September 2014.

Hatimah, Ihat. 2010. Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kamil, Mustofa. 2010. Model Pendidikan Dan Pelatihan. Bandung: CV Alfabeta.

Nurhalim, Khomsun. 2011. Strategi Pembelajaran Pendidikan Non Formal. Semarang: UNNES

Radhen. 2013. Materi Belajar dan Pembelajaran dalam http://rumahradhen.wordpress.com/materi-kuliahku/materi-lain/pembelajaran/materi-belajar-dan-pembelajaran dikutip 24 Oktober 2014

Siswanto. 2012. Bimbingan Sosial (Warga Belajar Pendidikan Nonformal).Semarang: UNNES.

Soetomo. 2009. Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sudjana, D. 2003. Sistem Dan Manajemen Pelatihan (Teori dan Aplikasi). Bandung: Falah Production

Suprijanto. 2007. Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta: PT Bumi Aksara

Suryana, Sawa. 2010. Buku Ajar Tehnik Pemberdayaan Masyarakat. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Sutarto, Joko. 2007. Pendidikan Nonformal (Konsep Dasar, Proses Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat). Semarang: Unnes Press

. 2008. Identifikasi Kebutuhan Dan Sumber Belajar

Pendidikan Nonformal. Semarang: Unnes Press

. 2012. Manajemen Pelatihan. Semarang: Unnes Press.

How to Cite
Sucipto, N., & Sutarto, J. (1). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN HIDUP MELALUI KURSUS MENJAHIT DI LKP ELISA TEGAL. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2). https://doi.org/10.15294/jnece.v4i2.8051
Section
Articles