PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI STRATEGI PIKIR PLUS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PERISTIWA

Main Article Content

Anisa Diyah Ekasari
Agus Nuryatin
Wagiran Suwito

Abstract

Masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis siswa kelas VIII-F MTS Negeri Kesesi Kabupaten Pekalongan. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran menulis puisi yang belum terlaksana dengan baik sehingga siswa kelas VIII-F mengalami kesulitan ketika diminta menulis puisi. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran dan media pembelajaran yang menyenangkan dan tepat. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan strategi Pikir Plus dan media gambar peristiwa yang terdapat dalam surat kabar dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII-F MTS Negeri Kesesi. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya proses pembelajaran, peningkatan, dan perubahan perilaku ke arah yang positif.

The issues raised in this study is the low ability students' writing class VIII-F MTS Affairs Kesesi Pekalongan. It is caused by learning to write poetry that has not done well so class VIII-F have difficulty when asked to write a poem. Therefore, the necessary learning strategies and instructional media fun and appropriate. To overcome these problems Plus used Thought strategies and media images of events contained in the newspaper in teaching poetry writing class VIII-F MTS Kesesi Affairs. The research was conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, action, observation and reflection. The results of this study indicate the existence of a process of learning, improvement, and change behavior in a positive direction.

Article Details

How to Cite
Ekasari, A., Nuryatin, A., & Suwito, W. (1). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI STRATEGI PIKIR PLUS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PERISTIWA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.15294/jpbsi.v3i1.3984
Section
Articles

References

Daryanto.2011. Media Pembelajaran. Bandung : Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Djahmarah, Bahri Syaiful dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Reinika Cipta.

Djibran, Fahd.2008. Writing is Amazing. Yogyakarta: Juxtapose.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendra. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda.

Sadiman, Arief S. 2008. Media pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2009. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo Bandung.

Prasetyo, Budi. 2007. Peningkatan pembelajaran menulis puisi dengan strategi pikir plus. (online). http:// jurnal lpi.wordspress.com /kategory/imp/page 12/diunduh tanggal 7 februari 2012.

Waluyo, Herman J. 2003. Apresiasi Puisi Panduan untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wiyanto, Asul.2006. Terampilan Menulis Paragaraf. Jakarta: Gransindo.