PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI METODE COPY THE MASTER DENGAN BANTUAN VCD BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER

Main Article Content

Eva Kristian Andriani
Agus Nuryatin
Wagiran Wagiran

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran, peningkatan, dan perubahan perilaku setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi melalui metode copy the master dengan bantuan VCD berbasis pendidikan karakter. Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dua siklus. Hasil siklus I memperoleh nilai rata-rata 63,83 dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 81. Jadi, ada peningkatan sebesar 21,20%. Peningkatan ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari perilaku negatif ke perilaku positif.

The issues raised in this research is the process of learning, improvement, and behavioral changes after following through the methods of learning to write poetry with the help of a copy the master of the VCD-based character education. The design of this study used classroom action research (CAR). The research was carried out two cycles. The results of the first cycle to obtain the average value of 63.83 and a second cycle to obtain the average value of 81. Thus, there is an increase of 21.20%. The increase was also accompanied by changes in the behavior of students from negative behavior into positive behavior.

Article Details

How to Cite
Andriani, E., Nuryatin, A., & Wagiran, W. (1). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI METODE COPY THE MASTER DENGAN BANTUAN VCD BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.15294/jpbsi.v3i1.4010
Section
Articles

References

Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi.

Marahimin, Ismail. 2005. Menulis Secara Populer. Jakarta: Pustaka Jaya