PROGRESIVITAS PEREMPUAN TERHADAP KETIDAKADILAN JENDER DALAM DRAMA MARSINAH MENGGUGAT KARYA RATNA SARUMPAET

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dita Anggrahinita Yusanta
Sumartini Sumartini
Mulyono Mulyono

Abstract

ABSTRAK


Hal penting yang akan diteliti ini adalah perjuangan tokoh perempuan dalam melawan ketidakadilan jender. Objek yang akan diteliti adalah naskah drama Marsinah Menggugat karya Ratna Sarumpaet.Sasaran atau objek yang dikaji dalam penelitian ini adalah progresivitas perjuangan perempuan.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodekualitatif.Data yang dijadikan objek penelitian adalah kalimat-kalimat dalam teksdrama Marsinah Menggugat karya Ratna Sarumpaet yang memperlihatkan peristiwa-peristiwa bentuk ketertindasan perempuan dan progresivitas perjuangan perempuan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.Pengumpulan data dalam penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara jelas mengenai perjuangan tokoh perempuan pada naskah drama Marsinah Menggugat.


Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan:1) Fenomena ketertindasan perempuan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah marginalisasi, subordinasi, kekerasan fisik dan psikis. 2) Perjuangan perempuan dalam memperjuangkan haknya, Tokoh Marsinah yang telah dengan berani memperjuangkan haknya dan hak buruh lainnya, salah satunya dengan menggerakkkan aksi demosntrasi. 3) Progresivitas perempuan dalam memperjuangkan haknya dalam naskah drama Marsinah Menggugat karya Rartna Sarumpaet dapat dilihat jelas dari perkembangan arah perjuangan yang dilakukan Marsinah dari waktu ke waktu. Berawal dari memperjuangkan hidup, kemudian berkembang menjadi memperjuangkan hak pendidikan, kemudian perjuangan dalam menegakkan keadilan dalam pekerjaan, lalu berkembang lagi menjadi perjuangan dalam menuntut hak-hak buruh.


Tokoh Marsinah dalam drama ini merupakan tokoh perempuan yang progresif dan revolusioner, yang berani merumuskan format gerakan buruh untuk mengatasi persoalan ekonomi. Marsinah merupakan contoh bahwa ada keharusan bagi kaum perempuan untuk tidak berdiam diri melihat ketertindasan kaumnya.


 


 


Kata kunci: progresivitas perempuan,  jender,  drama marsinah menggugat,feminisme.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##