Pemerolehan Bahasa Tulis Produktif Anak Usia 2-4 Tahun

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Syarifuloh Syarifuloh
Subyantoro Subyantoro
Ahmad Syaifudin

Abstract

Pemerolehan bahasa tulis produktif anak usia dini dapat dimulai dengan kegiatan menggambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan motorik halus anak usia 2-4 tahun sebagai dasar pembentukan kemampuan membuat garis lurus dan garis lengkung dan kemampuan anak usia 2-4 tahun dalam membuat garis lurus dan garis lengkung. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi karya anak berupa coretan-coretan di kertas, foto pada saat anak usia 2-4 tahun membuat coretan-coretan di kertas, dan catatan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik rekam dan teknik catat. Data yang sudah didapatkan kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif.Teknik deskriptif kualitatif digunakan untuk menjelaskan dan menyimpulkan keterampilan motorik halus anak usia 2-4 tahun sebagai dasar pembentuk kemampuan membuat garis lurus dan garis lengkung dan kemampuan anak usia 2-4 tahun membuat garis lurus dan garis lengkung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) keterampilan motorik halus anak usia 2-4 tahun memberikan kontribusi terhadap kemampuan anak membuat garis lurus dan garis lengkung; 2) kemampuan anak usia 2-4 tahun dalam membuat garis lurus dan garis lengkung dari delapan subjek, sebagian besar subjek mengalami perkembangan, baik dari kreasi coretan. Hasil coretan maupun kemiripan dengan objek yang diacu.


Language acquisition of productive writing, early childhood can be started with the draw. This study aims to describe the fine motor skills of children aged 2-4 years as the basis for the formation of the ability to make straight lines and curved lines and the ability of children aged 2-4 years in making straight lines and curved lines. the data used in this research work documentation in the form of strokes-strokes on paper, photograph at the time of 2-4 years of age children make strokes-strokes on the paper, and records of observations. The instruments used in this study i.e., observation and documentation. Data collection is done using the technique of recording and engineering noted. The data already obtained are then analyzed using qualitative descriptive techniques. A descriptive qualitative technique used to explain and deduce the influence of fine motor skills of children aged 2-4 years against the ability to make straight lines and curved lines and the ability of children ages 2-4 years to make straight lines and curved lines. The results of this study showed that 1) fine motor skills of children aged 2-4 years contributed to the child's ability to make straight lines and curved lines; 2) capabilities of children aged 2-4 years in making straight lines and curved lines of the eight subjects, the majority of subjects undergoing development, both from a creative strokes. The results of the stroke as well as similarities to the object that is referenced.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##