Tindak Tutur Ilokusi pada Program Acara Talk Show Mata Najwa Episode Gus Mus dan Negeri Teka-Teki

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Miftakhul Ilmi
Imam Baehaqie

Abstract

Bahasa merupakan sebuah kunci utama dalam hal berkomunikasi. Bahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi dengan lingkungan adalah bahasa melalui sebuah tuturan. Tuturan yang dimaksud dapat diekspresikan melalui media massa. Televisi yang berperan sebagai media massa mempunyai banyak kelebihan dalam penyampaian pesan-pesannya, karena memiliki fungsi sebagai penerima siaran berupa gambar bergerak atau video beserta suara. Mata Najwa merupakan sebuah acara talk show yang membahas seputar permasalahan aktual Indonesia. Mata Najwa selalu menghadirkan tema yang disesuaikan dengan isu-isu yang kontemporer, sehingga tema pada setiap episodenya selalu berbeda. Tujuan penelitian ini yaitu menemukan macam-macam dan fungsi-fungsi tindak tutur ilokusi dalam Program Acara Talk Show Mata Najwa Episode Gus Mus dan Negeri Teka-Teki. Desain penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif berupa deskripsi macam-macam dan fungsi tindak tutur ilokusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara metodologis dan pendekatan teoretis. Pendekatan metodologis berupa metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Pendekatan teoretis menggunakan kajian Pragmatik Data penelitian ini didapatkan dengan menggunakan metode simak dengan teknik dasar, teknik sadap dan teknik lanjutannya teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC), dan teknik catat. Metode analisis data menggunakan metode agih dengan teknik dasar bagi unsur (BUL). Metode dan teknik penyajian hasil analisis data menggunakan metode informal yang berupa kata-kata tanpa menggunakan lambang atau tanda tertentu. Hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan ditemukan 105 data untuk macam-macam tindak tutur ilokusi, sedangkan fungsi tindak tutur ilokusi ditemukan 80 data. Penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat untuk menambah ilmu pengetahuan, menjadi sumber acuan serta wawasan mengenai analisis bahasa dan untuk kajian pragmatik khususnya, tindak tutur ilokusi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

A’yuni, N. B. Q., & Parji. (2017). Tindak Tutur Ilokusi Novel Surga yang Tidak Dirindukan Karya Asma Nadia (Kajian Pragmatik). Linguista, 1(1).
Andriani, E. (2012). Tindak Tutur Ilokusi Direktif dalam Variety Show《放开我北鼻》Let Go of My Baby Season 3 Episode 3. Fakultas Bahasa Dan Seni, Universitas Negeri Surabaya, 01(01), 0–126.
Astuti, S. B., & Retnosari, I. E. (2012). Tindak Ilokusi dalam Talkshow Hitam Putih di Televisi Trans 7. International Seminar Prasasti, 3.
Ellini, M., Juita, N., & Hamidin. (2014). Tindak Tutur Ilokusi Ustaz Yusuf Mansur dalam Acara Wisata Hati di Stasiun Televisi Antv. FBS Universitas Negeri Padang.
Indrayanti, N., Haryadi, & Baehaqie, I. (2019). Tindak Tutur Ilokusi dalam Wacana Naskah Drama Deleilah Tak Ingin Pulang dari Pesta Karya Puthut E.A. Sastra Indonesia, 8(1).
Janah, R. (2018). Tindak Tutur Ilokusi Ekspresif dalam Variety Show 《快乐大本营》Kuaile Dabenying Happy Camp. Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa Dan Seni, Universitas Negeri Surabaya.
Leech, G. (1993). Prinsip-Prinsip Pragmatik. Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).
Muwalidah, I. S. (2015). Analisis Tindak Tutur Ilokusi dalam Wacana Pembaca Menulis pada Surat Kabar Jawa Pos Edisi September 2014. Skripsi.
Oktaviani, M. R., & Ar, H. F. (2017). THE ACT OF SPEECH ILOCUTION OF USTAZ YUSUF MANSUR IN THE EVENT OF HEART. 1–15.
Prasetyo, D. (2009). Tindak Tutur Ilokusi dalam Sinetron Komedi Cagur Naik Bajaj di Stasiun Televisi Antv: Sebuah Kajian Pragmatik. Skripsi.
Putri, E. G. (2017). Tindak Ilokusi pada Acara Komedi “Kelas Internasional” di Stasiun Net.Tv. Skripsi.
Putri, O. E. S. (2019). Jenis Tindak Tutur Ilokusi dalam Acara Dua Sisi Tv One Episode “Apa Yang Terjadi Pada Demo Mahasiswa” (Kajian Pragmatik). Skripsi.
Rachmawati, D. (2018). Tindak Tutur Ilokusi dalam Acara Kuis “WIB” Episode 9 Juli 2018 di Net Tv. Kajian Linguistik, 5(3), 1–23.
Rahma, A. N. (2013). Analisis Tindak Tutur Ilokusi dalam Dialog Film Animasi Meraih Mimpi. Skriptorium, 2(2).
Rodearni, Y., Elmustian, & Auzar. (2019). Tindak Tutur Ilokusi Comica Roni Immanuel ”Mongol Stres” dalam Acara Stand Up Comedy Show dan Implikasinya. TUAH Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa, 1(1), 78–86.
Sahrah, A. (2017). Illocutionary Acts in Situational Comedy Series “ the Cosby Show .”
Sari, F. D. P. (2012). Tindak Tutur dan Fungsi Tuturan Ekspresif dalam Acara Galau Nite di Metro Tv: Suatu Kajian Pragmatik. Skriptorium, 1(2).
Searle, J. R. (1969). Speech Acts An Essay in the Philosophy of Language. Cambridge University Press.
Setyanto, B. (2015). Tindak Tutur Ilokusi Dialog Film 5 Cm Karya Rizal Mantovani ( Sebuah Tinjauan Pragmatik). Skripsi.
Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Sanata Dharma University Press.