Struktur dan Fungsi Cerita Rakyat Paser Putri Petung di Kabupaten Paser Kalimantan Timur

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fitri Qomariyah
Alfian Rokhmansyah
Purwanti Purwanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur dan fungsi cerita rakyat Paser Putri Petung dari Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan termasuk jenis penelitian lapangan. Data dalam penelitian ini berupa kutipan cerita rakyat yang diperoleh dari informan dan telah melalui proses transkripsi. Adapun cerita Putri Petung yang dijadikan objek penelitian adalah cerita versi Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi kemudian melalui proses transkripsi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, analisis strukturalisme naratologi, dan analisis fungsi cerita rakyat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cerita rakyat Putri Petung yang berasal dari Kecamatan Tanah Grogot memiliki lima pola aktan serta lima model fungsional. Cerita rakyat Putri Petung tersebut juga memenuhi empat fungsi cerita rakyat, antara lain sebagai sistem proyeksi, sebagai alat pengesahan sosial, sebagai lembaga pendidikan, dan sebagai alat pengendalian sosial.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Adiluhung, B. P. (2011). Sirwenda Danurwenda dalam Kajian Strukturalisme Greimas (Universitas Negeri Semarang). Diambil dari http://lib.unnes.ac.id/5210/1/7671.pdf
Alaini, N. N. (2013). Cerita Rakyat Putri Mandalika sebagai Sarana Pewarisan Budaya dan Local Genius Sasak. In S. Endraswara (Ed.), Folklor dan Folklife dalam Kehidupan Dunia Modern: Kesatuan dan Keberagaman. Yogyakarta: Ombak.
Danandjaja, J. (2007). Folklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng dan Lain-Lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Hidayat, W. Al, Sulistyowati, E. D., & Rokhmansyah, A. (2019). Struktur dan Fungsi Cerita Rakyat Benayuk Versi Desa Sepala Dalung Kabupaten Tana Tidung: Kajian Strukturalisme Naratologi. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(4), 442–452. Diambil dari http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB/article/view/2383
Hutomo, S. S. (1991). Mutiara yang Terlupakan: Pengantar Studi Sastra Lisan. Surabaya: HISKI Jawa Timur.
Rokhmansyah, A. (2014). Studi dan Pengkajian Sastra: Perkenalan Awal terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sulistyorini, D., & Andalas, E. F. (2017). Sastra Lisan: Kajian Teori dan Penerapannya dalam Penelitian. Malang: Madani.