Higher Order Thinking Skills pada Soal Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Siswa

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Cici Nurzannati
Muhammad Mukhlis

Abstract

 






 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dari analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang terdapat pada soal asesmen kompetensi minimum literasi membaca di SMK Negeri 3 Pekanbaru. Soal AKM yang dianalisis berjumlah 47 butir soal. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penilitian ini adalah studi dokumentasi. Berdasarkan dari hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan adanya level HOTS yang ditemukan pada soal AKM ialah level mencipta (C6), mengevaluasi (C5), dan menganalisis (C4). Berdasarkan tabel instrument 1 diperoleh hasil, dari 20 butir soal AKM 10 diantaranya merupakan soal yang berkategori HOTS. Selanjutnya, tabel instrument 2 terdapat 27 butir soal AKM yang 12 diantaranya berkategori HOTS. 





##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2017). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasyim, M., & Febrika, L.A. (2019). Analisis High Order Thinking Skills (HOTS) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 62. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc.
Huda, M., Eko, P., Desy, A., & Dinda, H.P. (2021). Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Materi dan Soal pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Terbitan Kemendikbud RI. Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya, 16(2), 130.
Kemendikbud. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2019). Modul Penyusunan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kemendikbud. (2020). Desain Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lailly, N. R., & Wisudawati, A. W. (2015). Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill ( Hots ) Dalam Soal Un Kimia SMA RAYON B Tahun 2012 /2013 Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kaunia, XI(1), 27–39.
Lexy J. Moleong, M. A. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pusmenjar. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan KebudayaanPembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–37.
Sani, R. A. (2021). Pembelajaran Berorientasi AKM: Asesmen Kompetensi Minimum. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=vo8lEAAAQBAJ
Sani, R. A. (2019). Cara Membuat Soal HOTS. Tanggeran: Tira Smart.
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336
Setiawati, S. (2019). Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, http://dx.doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.143,
Yoki Ariyana, M., M.Pd, D. A. P., Reisky Bestary, M. P., & Prof. Dr. Zamroni, P. . (2018). No Title Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi: Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Jakarta: Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.