Hegemoni Gramsci dalam Novel Kubah Karya Ahmad Tohari

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fais Rokmawar Dani
Suseno Suseno

Abstract

Hegemoni sebagai penguasaan kepemimpinan yang berlandaskan moral dan intelektual mampu mengubah nasib individu maupun kelompok. Hegemoni tidak hanya terjadi pada peristiwa di dunia nyata, melainkan juga pada karya sastra. Novel Kubah karya Ahmad tohari mengisahkan keberhasilan partai komunis dalam membuat seorang muslim menjadi kader pilihan partai komunis. Permasalahan dalam novel tersebut membuat penelitian ini penting dilakukan guna mengetahui praktik dan dampak hegemoni yang terjadi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan teknik baca dan teknik catat untuk mengumpulkan data. Data penelitian berupa kutipan teks novel Kubah karya Ahmad Tohari yang menunjukkan praktik hegemoni dan dampak hegemoni. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini berupa, 1) hegemoni partai komunis terhadap pola pikir seorang muslim, 2) hegemoni partai komunis terhadap religiusitas seorang muslim, 3) hegemoni partai komunis terhadap keputusan seorang muslim menjadi anggota partai komunis. Kemudian ditemukan pula dampak hegemoni berupa penentangan, penyesalan, dan rendah diri. Penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan terkait hegemoni dan dapat menjadi referensi bagi penelitian hegemoni selanjutnya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Achcar, G. (2021). Hegemony, Domination, Corruption and Fraud in The Arab Region. Middle East Critique, 30(1).
Bellamy, R. (1990). Teori Sosial Modern Perspektif Italia. Jakarta: LP3S.
Budiardjo, M. (2015). Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Falah, F. (2018). Hegemoni Ideologi dalam Novel Ayat-Ayat Cinta Karya Habiburrahman el Shirazy (Kajian Hegemoni Gramsci). Nusa Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 13(4).
Harjito. (2002). Student Hijo Karya Marco Kartodikromo Analisis Hegemoni Gramscian. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Harjito. (2014). Hegemoni Gramsci dalam Sastra Indonesia: Student Hijo, Nasionalisme, dan Wacana Kolonial. Semarang: UPGRIS Press.
Hoare, Q., & Geoffrey, N. S. (n.d.). Antonio Gramsci Sejarah dan Budaya (Puspitorini, dkk Ed.). Surabaya: Pustaka Promothea.
Mahadi, M. A. (2020). Praktik Hegemoni dalam Novel Orang-Orang Proyek Karya Ahmad Tohari (Kajian Hegemoni Gramsci). Bapala, 7(1).
Mahsun. (2005). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Mansur, Y. (2017). Hegemoni dalam Novel Berkisar Merah Karya Ahmad Tohari (Suatu Kajian Hegemoni Antonio Gramsci). Universitas Negeri Makassar.
Mulyatiningsih, dkk. (2004). Bimbingan Pribadi, Sosial, Belajar, dan Karir. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Nuswarantia, I. (2019). Analisis Hegemoni dalam Dwilogi Novel Negeri Para Bedebah Karya Tere Liye. Edu-Kata, 5(2).
Patria, A., & Arief, A. (2015). Antonio Gramsci Negara & Hegemoni. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Salamini, L. (1981). The Sociology of Political Praxis an Introduction to Gramsci’s Theory. London: Routledge & Kegan Paul.
Simon, R. (2004). Gagasan-Gagasan Politik Gramsci. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Soekanto, S. (2002). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Grafindo.
Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Sugiono, M. (1999). Kritik Antonio Gramsci terhadap Pembangunan Dunia Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tohari, A. (2012). Kubah. Jakarta: Kompas Gramedia.
Wiyatmi. (2013). Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Kanwa Publisher.
Wulandari, I. (2021). Hegemoni dalam Novel Sekali Peristiwa di Banten Karya Pramoedya Ananta Toer (Pendekatan Antonio Gramsci). Universitas Brawijaya.
Yusuf, S., & Julika, N. (2008). Landasan Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.