Pengembangan Karya Kolase, Montase dan Mozaik Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran SBDP bagi Guru SD

Main Article Content

Atip Nurharini
Yuyarti Yuyarti

Abstract

Tujuan kegiatan yaitu: 1). guru memperoleh pemahaman yang mendalam tentang konsep seni kolase, montase, dan mozaik, 2). guru mampu memberi stimulasi yang tinggi untuk mengembangkan potensi seni siswa, 2). guru memperoleh pemahaman pembuatan desain karya seni kolase, montase, dan mozaik 3). guru memperoleh keterampilan tentang seni kolase, montase, dan mozaik, 4). guru mampu mengembangkan penciptaan karya seni kolase, montase, dan mozaik. Sasaran kegiatan pengabdian ini adalah guru-guru di gugus Larasati Kecamatan Gunungpati, yang terdiri dari SDN Plalangan 01, SDN Plalangan 02, dan SDN Plalangan 04. Metode kegiatan pengabdian ini berupa sosialisasi dan pelatihan kepada para guru-guru di gugus Larasi, yang terdiri dari 3 tahap kegiatan yaitu: 1) tahap persiapan, 2) tahap pelaksanaan pelatihan, dan 3) tahap pasca pelatihan. Metode pelatihan yang digunakan dalam pengabdian ini adalah: ceramah, tanya jawab, praktek, dan simulasi. Hasil yang dicapai yaitu: 1). Sebanyak 6 kelompok mendapatkan score 85-88 dengan kriteria sangat baik, 2). Sebanyak 4 kelompok mendapatkan score 78-84 dengan kriteria baik, 3) Hampir semua peserta memahami tentang konsep seni karya kolase, montase, dan mozaik, 4) Peserta mampu mengembangkan bahan ajar dan mampu membuat seni menempel karya kolase, montase, dan mozaik, dengan kriteria kreatif, rapi, teknik benar, dan harmonisasi warna serta tema.

Article Details

How to Cite
Nurharini, Atip, and Yuyarti Yuyarti. 2020. “Pengembangan Karya Kolase, Montase Dan Mozaik Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran SBDP Bagi Guru SD”. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran 2 (1), 1-7. https://doi.org/10.15294/panjar.v2i`1.29520.
Section
Articles