Pelatihan Bagi Tutor Homeschooling: Model Pendidikan Karakter Berbasis Etnopedagogik untuk Pengembangan Kecakapan Personal dan Sosial di Homeschooling Primagama Kota Semarang

Main Article Content

Tri Suminar
Emmy Budiartati
Mintarsih Arbarini
Utsman Utsman
Fatin Salsabila Imtinan

Abstract

Proses pembelajaran pada homeschooling memiliki kekurangan terkait dengan upaya mencapai perkembangan karakter anak pada aspek personal dan sosial, karena kurangnya intensitas interaksi anak dengan teman sebaya dan lingkungan sosial. Selain itu, peserta didik memiliki karaterakteristik yang sangat heterogen, memiliki masalah khusus atau unik, sehingga membutuhkan strategi pendekatan yang khusus pula. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan kualitas layanan pembelajaran untuk capaian hasil belajar soft skill kecakapan personal dan sosial bagi anak berkebutuhan khusus dengan menerapkan model pendidikan karakter berbasis etnopedagogik di homeschooling Primagama Kota Semarang. Metode untuk mencapai tujuan tersebut adalah kaji tindak dengan menyelenggarakan kegiatan pelatihan bagi tutor homeschooling dalam mengelola pembelajaran terintegrasi secara terpadu dengan pendidikan karakter. Hasil kegiatan, tutor homeschooling dapat mencobakan hasil belajar selama mengikuti pelatihan dalam mengelola kegiatan pembelajaran pendidikan  karakter berbasis etnopedagogik dengan metode bermain peran pada mata pelajaran IPS dan metode kontekstual pada mata pelajaran IPA. Nilai karakter berbasis budaya masyarakat berkembang dalam kehidupan anak terkait perkembangan personal dan sosial anak, yakni sikap kerja sama, peduli sosial, tanggung jawab mengerjakan tugas, mandiri, mencipta, tertib dan disiplin.

Article Details

How to Cite
Suminar, Tri, Emmy Budiartati, Mintarsih Arbarini, Utsman Utsman, and Fatin Salsabila Imtinan. 2020. “Pelatihan Bagi Tutor Homeschooling: Model Pendidikan Karakter Berbasis Etnopedagogik Untuk Pengembangan Kecakapan Personal Dan Sosial Di Homeschooling Primagama Kota Semarang”. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran 2 (1), 14-19. https://doi.org/10.15294/panjar.v2i`1.35576.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>