Pengelolaan Kearsipan Sekolah Dasar di UPK Sumbang Kabupaten Banyumas Elementary School Archives Management at UPK Sumbang Banyumas Regency

Main Article Content

Farida Nuryantiningsih
Daryanto Daryanto
Wiekandini Dyah Pandanwangi

Abstract

Pengelolaan kearsipan adalah salah satu kegiatan yang sangat penting dalam urusan administrasi di sekolah dasar. Pengelolaan administrasi dipandang sangat penting karena kegiatan administrasi atau surat-menyurat merupakan kegiatan yang tidak pernah lepas dari aktivitas pekerjaan kantor. Seiring dengan berjalannya waktu dan juga banyaknya kegiatan yang telah dilakukan pada suatu organisasi seperti sekolah dasar, maka makin banyak pula arsip yang tercipta. Hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja karena selain menyita tempat, informasi-informasi yang penting pun bisa hilang. Oleh karena itu, agar arsip-arsip dapat tersimpan dan tertata dengan baik, maka diperlukan pengelolaan yang baik pula. Pengelolaan kearsipan di sekolah dasar di wilayah UPK Sumbang, Kabupaten Banyumas selama ini belum tertata dengan baik. Penyimpanan informasi dalam bentuk arsip sering kurang diperhatikan dan menjadi pekerjaan yang kurang menarik bagi arsipatoris sekolah. Arsip-arsip yang ada disimpan secara acak bahkan sebagian diabaikan saja dan dianggap tidak perlu ada penanganan khusus. Akibatnya, banyak arsip yang rusak bahkan hilang. Oleh karena itu, tim ingin menjadi fasilitator pengelolaan kearsipan di sekolah dasar-sekolah dasar di wilayah UPK Sumbang. Dalam hal ini, tim akan memberikan penyuluhan dari narasumber yang kompeten dan pelatihan kepada para pegawai administrasi sekolah dasar-sekolah dasar di wilayah UPK Sumbang tentang pengelolaan kearsipan agar arsipatoris di sekolah mereka bertugas sesuai dengan sistem pengelolaan arsip, sehingga diharapkan dapat menunjang peningkatan produktivitas dan efisiensi kerja para arsipatoris di sekolah dasar di wilayah UPK Sumbang, Kabupaten Banyumas.

Article Details

How to Cite
Nuryantiningsih, Farida, Daryanto Daryanto, and Wiekandini Dyah Pandanwangi. 2021. “Pengelolaan Kearsipan Sekolah Dasar Di UPK Sumbang Kabupaten Banyumas”. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran 3 (1), 1-5. https://doi.org/10.15294/panjar.v3i1.52950.
Section
Articles

References

Sedarmayanti. 1992. Tata Kearsipan dengan Memanfaatkan Teknologi Modern.Bandung: Ilham Jaya Offset.

Duroji, Ahmad. http://ahmaddaroji45.blogspot.co.id/2015/07/landasan-teori-tentang-arsip.html