Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pembelajaran Higher Order Thinking Skill pada Jenjang Sekolah Dasar Improving Teacher Ability in Higher Order Thinking Skill Learning at Elementary School Level
Main Article Content
Abstract
Salah satu masalah yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa adalah masalah-masalah yang memerlukan pemikiran tingkat tinggi. Ciri utama kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Khalayak sasaran pengabdian ini adalah guru-guru di SDN Kandri 1 dan Cepoko karena sebagian besar guru-guru tersebut masih kesulitan menentukan model pembelajaran yang tepat dan cara melakukan evaluasi kaitannya dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi ini. Solusi yang diberikan untuk memecahkan kesulitan tersebut adalah melakukan workshop yang dimulai dengan pelatihan dan penyusunan perangkat pembelajaran matematika yang mendukung HOTS. Hasil yang diperoleh adalah peningkatan pemahaman dan keterampilan guru-guru di SD Negeri Kandri 1 dan SD Negeri Cepoko terkait pembelajaran Matematika HOTS yang ditunjukkan dengan guru-guru dapat menyusun soal-soal matematika HOTS dan perangkat pembelajaran matematika HOTS beserta evaluasinya.
Article Details
References
Brookhart, S. M. 2010. How to assess higher order thinking skillss in your classroom. ASCD. Alexandria.
Conklin, W. & Manfro, J. 2012. Higher order thinking skills to develop 21stcentury learners. Shell Education Publishing, Inc. Huntington.
Hidayati, A.U. 2017. Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol. 4(2): 143-156
Polya, G. 1973. Mathematics ondpkuusible reusoning (Vol. 1).
Rosnawati, R. 2009. Enam tahapan aktivitas Dalam pembelajaran Matematika untuk mendayagunakan berpikir tingkat tinggi siswa. Seminar Nasional 16 Mei 2009.
Suherman, Turmudi, & Rohayati, S. 2003. Strategi pembelajaran Matematika Contemporer. UPI. Bandung.
Hartati, Hartati, Novi Setyasto, Putri Sutikno, and Renggani Renggani. 2019. “Peningkatan Keterampilan Profesional Guru-Guru SD Gugus Ganesha Windusari Magelang Melalui Pelatihan Implementasi Model Inquiry Based Learning (IBL) Bermuatan Six Pillars Of Character”. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran 1 (1), 9-16. https://doi.org/10.15294/panjar.v1i1.28461.