Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pembelajaran Higher Order Thinking Skill pada Jenjang Sekolah Dasar Improving Teacher Ability in Higher Order Thinking Skill Learning at Elementary School Level

Main Article Content

Muhammad Kharis
Masrukan Masrukan
Arief Agoestanto
Mulyono Mulyono
Mashuri Mashuri

Abstract

Salah satu masalah yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa adalah masalah-masalah yang memerlukan pemikiran tingkat tinggi. Ciri utama kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Khalayak sasaran pengabdian ini adalah guru-guru di SDN Kandri 1 dan Cepoko karena sebagian besar guru-guru tersebut masih kesulitan menentukan model pembelajaran yang tepat dan cara melakukan evaluasi kaitannya dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi ini. Solusi yang diberikan untuk memecahkan kesulitan tersebut adalah melakukan workshop yang dimulai dengan pelatihan dan penyusunan perangkat pembelajaran matematika yang mendukung HOTS. Hasil yang diperoleh adalah peningkatan pemahaman dan keterampilan guru-guru di SD Negeri Kandri 1 dan SD Negeri Cepoko terkait pembelajaran Matematika HOTS yang ditunjukkan dengan guru-guru dapat menyusun soal-soal matematika HOTS dan perangkat pembelajaran matematika HOTS beserta evaluasinya.

Article Details

How to Cite
Kharis, Muhammad, Masrukan Masrukan, Arief Agoestanto, Mulyono Mulyono, and Mashuri Mashuri. 2021. “Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pembelajaran Higher Order Thinking Skill Pada Jenjang Sekolah Dasar”. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran 3 (1), 14-19. https://doi.org/10.15294/panjar.v3i1.52952.
Section
Articles

References

Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing; A revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. Addison Wesley Lonman Inc. New York.

Brookhart, S. M. 2010. How to assess higher order thinking skillss in your classroom. ASCD. Alexandria.

Conklin, W. & Manfro, J. 2012. Higher order thinking skills to develop 21stcentury learners. Shell Education Publishing, Inc. Huntington.

Hidayati, A.U. 2017. Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol. 4(2): 143-156

Polya, G. 1973. Mathematics ondpkuusible reusoning (Vol. 1).

Rosnawati, R. 2009. Enam tahapan aktivitas Dalam pembelajaran Matematika untuk mendayagunakan berpikir tingkat tinggi siswa. Seminar Nasional 16 Mei 2009.

Suherman, Turmudi, & Rohayati, S. 2003. Strategi pembelajaran Matematika Contemporer. UPI. Bandung.

Hartati, Hartati, Novi Setyasto, Putri Sutikno, and Renggani Renggani. 2019. “Peningkatan Keterampilan Profesional Guru-Guru SD Gugus Ganesha Windusari Magelang Melalui Pelatihan Implementasi Model Inquiry Based Learning (IBL) Bermuatan Six Pillars Of Character”. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran 1 (1), 9-16. https://doi.org/10.15294/panjar.v1i1.28461.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>