Pelatihan Kewirausahaan bagi Pendidik PAUD melalui Pusat Kerja Gugus (PKG) Kecamatan Jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat Entrepreneurship Training for PAUD Educators through Pusat Kerja Gugus (PKG) Jatisampurna District, Bekasi, West Java

Main Article Content

Oktarina Dwi Handayani
Khusniyati Masyikuroh

Abstract

Kewirausahaan merupakan suatu perwujudan dari sikap mental untuk mampu berdiri sendiri, berdaulat, dan memacu seseorang untuk memunculkan kreatifitas. Pada masa sekarang ini dimana lapangan pekerjaan lebih kecil dibanding dengan angka pencari mengharuskan kita merubah mindset dari mencari kerja kepada menciptakan peluang kerja. Untuk itulah pelatihan kewirausahaan menjadi hal yang penting untuk diselenggarakan. Penanaman nilai nilai kewirausahaan haruslah dilaksanakan sejak usia dini agar anak memiliki pemahaman serta jiwa kewirausahaan dimasa mendatang. Untuk itulah diperlukan pendidik PAUD yang memahami tentang kegiatan kewirausahaan. Kegiatan pelatihan kewirausahaan ini sebagai salah satu perwujudan dalam memberikan pemahaman mengenai kewirausahaan bagi pendidik PAUD melalui Pusat Kerja Gugus (PKG) dalam hal ini dilaksanakan di kecamatan Jatisampurna, Bekasi. Melalui kegiatan ini diharapkan pendidik PAUD mampu memahami manfaat, urgensi dan aplikasi kegiatan kewirausahaan yang besar harapan dapat membawa dampak bagi lemabaga pendidikan maupun bagi individu.

Article Details

How to Cite
Handayani, Oktarina Dwi, and Khusniyati Masyikuroh. 2021. “Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pendidik PAUD Melalui Pusat Kerja Gugus (PKG) Kecamatan Jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat”. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran 3 (1), 27-31. https://doi.org/10.15294/panjar.v3i1.52955.
Section
Articles

References

Hyson, M. C., Hirsh-Pasek, K., & Rescorla, L. (1990). The classroom practices inventory: An observation instrument based on NAEYC’s guidelines for developmentally appropriate practices for 4-and 5-year-old children. Early Childhood Research Quarterly, 5(4), 475–494. https://doi.org/10.1016/0885-2006(90)90015

SJayawarna, D., Jones, O., & Macpherson, A. (2014). Entrepreneurial potential: The role of human and cultural capitals. International Small Business Journal: Researching Entrepreneurship, 32(8), 918–943. https://doi.org/10.1177/0266242614525795

Kusmayadi, A., & Sundari, R. S. (2019). Program Diversifikasi dan Uji Organoleptik Produk Olahan Daging dan Telur Itik Cihateup di Dusun Cihateup Kabupaten Tasikmalaya. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 131–136.


Orlich, D. C., Harder, R. J., Callahan, R. C., Trevisan, M. S., & Brown, A. H. (2009). Teaching Strategies: A Guide to Effective Instruction. Retrieved from http://books.google.com/books?id=aKuEYJdGyTIC&pgis=1

Rizki Sapriani. (2019). PROFESIONALISME GURU PAUD MELATI TERPADU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Rizki. Prosiding Seminar Nasional Penddikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Septia, S., Cahyani, A., & Timan, A. (2019). Manajemen pelatihan kewirausahaan bagi peserta didik di kampoeng kidz. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(2), 1–9.

Sontani, T., & Kartika, P. (2018). Peran PKG Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Pendidik Paud di Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Jurnal Comm-Edu, 1, 20–30.

Tedjawati, J. . (2010). Pengembangan Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD): Peran Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Dalam Pos PAUD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(4), 351. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i4.467

UNESCO. (n.d.). Early childhood care and education. Retrieved November 20, 2019, from https://en.unesco.org/themes/early-childhood-care-and-education

Zainal, R. V., Kamal, H., & Muhammad, N. (2014). The Economics of Education:Mengelola Pendidikan Secara Profesional untuk Meraih Mutu dengan Pendekatan Bisnis. Retrieved November 22, 2019,

Paramita, Sista, Tias Indrawati, and Rosa Juniarti. 2019. “INVESTOPRENEUR PADA ALUMNI FE UNESA”. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran 1 (1), 35-41. https://doi.org/10.15294/panjar.v1i1.28466.