Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar dalam Penguatan Pendidikan Karakter di Kabupaten Tegal Empowerment of Elementary School Teachers in Strengthening Character Education in Tegal Regency

Main Article Content

Kurotul Aeni
Tri Astuti
Utoyo Utoyo
Sri Ismi Rahayu
Akhmad Junaedi

Abstract

Pendidikan karakter penting dikembangkan pada peserta didik Sekolah Dasar, guna mengembangkan pembiasaan berpikir dan berperilaku yang membantu peserta didik menghadapi dan mengatasi problema dalam kehidupannya baik di lingkungan sekolah, keluarga, maupun masyarakat. Berbagai fenomena muncul dalam lingkup pendidikan, yakni kurangnya keteladanan guru, masih rendahnya pemahaman guru terkait pendidikan karakter, serta kurangnya pelatihan guru guna memahami pentingnya pendidikan karakter. Guru yang memahami dan menyikapi pentingnya pendidikan karakter di sekolah, disertai dengan keteladanan akan mendukung peran guru dalam upaya penguatan pendidikan karakter di sekolah. Guru hendaknya juga memahami, menyadari, serta memperbaiki kelemahannya dalam upaya Penguatan Pendidikan Karakter di sekolah. Tim pengusul proposal berusaha memadukan berbagai ide dan gagasan dalam mengatasi persoalan tersebut melalui pelatihan dengan judul Pemberdayaan Guru SD dalam Penguatan Pendidikan Karakter di kecamatan Kramat kabupaten Tegal. Pendekatan yang digunakan, yakni pelatihan kolaborasi edukasi  kontekstual. Metode yang digunakan ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan; pelaksanaannya secara virtual dengan grup WhatsApp dan Voice Note. Hasil pengabdian pada masyarakat menunjukkan bahwa pelatihan ini berhasil, peserta antusias dalam kegiatan karena para guru belum pernah mendapatkan pelatihan terkait Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah. Hasil pelatihan menunjukkan para guru SD kecamatan Kramat telah mengembangkan pemahaman dan pengetahuannya terkait pendidikan karakter di sekolah. Hal tersebut tampak dari hasil tanya jawab, diskusi serta penugasan pada guru yang telah menerapkan pendidikan karakter di berbagai kegiatan di sekolahnya, namun perlu ditingkatkan lagi sehingga pendidikan karakter semakin kuat.

Article Details

How to Cite
Aeni, Kurotul, Tri Astuti, Utoyo Utoyo, Sri Ismi Rahayu, and Akhmad Junaedi. 2021. “Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Di Kabupaten Tegal”. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran 3 (2), 38-41. https://doi.org/10.15294/panjar.v3i2.52958.
Section
Articles

References

Kemendiknas. 2010. Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendiknas

Lickona, T. 2014. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. (Edisi terjemahan). Bandung: Nusa Media.

Peraturan Presiden No. 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter

Samani, M. & Hariyanto. (2018). Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-undang Republik Indonesia No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Wardhani, Novia, Nugraheni Arumsari, and Tutik Wijayanti. 2019. “Pemahaman Pentingnya Kesadaran Akan Pendidikan Karakter Anak Melalui Sinergi Lingkungan Pendidikan Di Kecamatan Gunungpati”. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran 1 (2), 107-10. https://doi.org/10.15294/panjar.v1i2.29716.

Widyastuti, Ika, Agdya Savitri, Diar Prastianing Tyas, Sinta Nistiani, and Zuliyanti Zuliyanti. 2020. “Optimalisasi Sekolah Permainan Tradisional Sebagai Wahana Pendidikan Karakter”. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran 2 (2), 42-47. https://doi.org/10.15294/panjar.v2i2.41309.