Pelatihan Pemaksimalan Slide Powerpoint sebagai Media Inovatif Pembelajaran Sejarah bagi MGMP Sejarah Kabupaten Kudus Powerpoint Slide Maximization Training as an Innovative Media for History Learning for the Kudus Regency History MGMP
Main Article Content
Abstract
Seringkali guru menggunakan slide powerpoint sebagai media untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Akan tetapi, slide powerpoint yang guru buat selalu itu-itu saja, tidak ada inovasi, baik dari segi tampilan, atau transisi. Padahal jika benar-benar mampu memaksimalkan penggunaan powerpoint segai media penyampaian materi dapat menjadi media yang menarik dan inovatif. Kegiatan pelatihan bagi MGMP Sejarah SMA Kabupaten Kudus ini bertujuan memberikan pengetahuan dalam memaksimalkan powerpoint sebagai media bagi mereka untuk menyampaikan materi pembelajaran sejarah. Hasilnya kegiatan ini memberikan dampak positif bagi guru dalam melakukan inovasi pembelajaran, terutama dalam menggunakan slide powerpoint sebagai media penyampaian materi mereka.
Article Details
References
Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran edisi revisi.Jakarta: Rajawali Pers.
Jayusman, I., Gurdjita, G., & Shavab, O. A. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Multi Media Power Point Pada Mata Kuliah Sejarah Asia Timur.
Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah,3(1), 37-42.
Miarso, B. (2009). Teknologi pembelajaran: landasan & aplikasinya.Jakarta: Rineka Cipta.
Pradana, R. H. (2014).KERAGAMAN MEDIA YANG DIGUNAKAN GURU SEJARAH DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA DUA SMA DI KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014(Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Putri, S. D., & Citra, D. E. (2019). Problematika guru dalam menggunakan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam kota Bengkulu.Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE),1(1), 49-55.
Rakib, M., Rombe, A., & Yunus, M.(2017). Pengaruh Pelatihan Dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalitas Guru (Studi pada Guru IPS Terpadu yang Memiliki Latar Belakang Pendidikan dalam Bidang Pendidikan Ekonomi).Jurnal Ad'ministrare,3(2), 137-148.
Soewarno, S., Hasmiana, H., & Faiza, F. (2016). Kendala-Kendala Yang Dihadapi Guru Dalam Memanfaatkan Media Berbasis Komputer Di Sd Negeri 10 Banda Aceh.Jurnal Pesona Dasar,2(4), 28-39.
Sudjana, N., & Rivai, A. (1990).Media Pengajaran: penggunaan dan pembuatannya. Bandung: CV Sinar Baru.
SUGANDHI, D. F. P. (2016).PEMANFAATAN HASIL BELAJAR PADA PELATIHAN KETERAMPILAN MEKANIK OTOMOTIF: Studi Kasus Pada Lulusan Lembaga Pendidikan Keterampilan Pelita Massa(Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Atmaja, Hamdan. 2019. “Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Dan Pemanfaatan Media Audio-Visual Interaktif Dalam Pembelajaran Sejarah Yang Berbasis Pada Konservasi Kearifan Lokal Bagi MGMP Sejarah Kabupaten Banjarnegara”. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran 1 (2), 131-40. https://doi.org/10.15294/panjar.v1i2.29722.
Nurdiansyah, Edwin, Sri Waluyati, and Puspa Dianti. 2020. “Pelatihan Pembuatan Mobile Learning Berbasis APP Inventory Bagi Guru-Guru PPKn SMP Di Kota Palembang”. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran 2 (1), 24-28. https://doi.org/10.15294/panjar.v2i`1.35695.