PENGEMBANGAN PERMAINAN “TOFU BASKET BALL” DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TUGUREJO 01 KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG TAHUN 2011/2012

Main Article Content

Sunar Bagus Subroto
Uen Hertiwan
Andry Akhiruyanto.

Abstract

Abstrak
Latar belakang penelitian perlunya menciptakan model pembelajaran yang lebih efektif. Masalah penelitian adalah bagaimana memodifikasi permainan bolabasket menjadi permainan yang sesuai dengan karakteristik siswa SD dalam meningkatkan Penjasorkes? Penelitian bertujuan mengetahui hasil model pengembangan pembelajaran penjasorkes melalui permainan bolabasket yang dimodifikasi sesuai karakteristik siswa SDN Tugurejo 01 Kota Semarang dalam pembelajaran penjas dan meningkatkan intensitas fisik kebugaran jasmani Tahun 2012/2013.
Metode penelitian ini penelitian pengembangan mengacu model pengembangan dari Brog dan Gall dengan urutan (1) Analisis kebutuhan, (2) Pembuatan produk awal, (3) Uji coba kelompok kecil, (4) Revisi produk pertama, (5) Uji coba lapangan, (6) Revisi produk akhir, (7) Hasil akhir.
Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli dari ahli Penjas 77,3% kriteria baik, ahli pembelajaran I 82,67% dan II diperoleh hasil 84% kriteria baik. Uji coba kelompok skala kecil 75% kriteria baik, dan uji coba lapangan 88% kriteria baik.
Dari hasil, dapat disimpulkan bahwa model “tofu basketball” dapat digunakan bagi siswa Kelas V SDN Tugurejo 01 Kecamatan Tugu Kota Semarang. hasil penelitian, diharapkan guru Penjasorkes SD untuk menggunakan produk model “tofu basketball” ini pada siswa dalam pembelajaran Penjasorkes.

Abstract

The background is need to create learning model is more effective. problem in study is how basketball in order to modify game to suit the characteristics of elementary school students in improving learning? This study aims determine the results of the development model of learning through play basketball penjasorkes modified in accordance with the characteristics of SDN Tugurejo 01 students of Semarang in learning PE and physical fitness can improve the physical intensity of the 2012/2013.
method of research is the development of a model refers to development of Brog and Gall in the following order (1) needs analysis (2) making the initial products (3) a small test group (4) the first product revision (5) field trial (6) Revision of the final product (7) The final result
the test results obtained by the expert evaluation data 77.3% yield obtained, from the experts I and II 82.67% obtained 84% yield good criteria. Groups of small-scale to criterion 75% good, and 88% field trials with both criteria.
From results, can be concluded model ”tofu basketball” can used for students of Class V Elementary School 01 Tugurejo. Based on above results, its expected Penjasorkes elementary school teachers to use product model ”tofu basketball

Article Details

Section
Articles