PENGEMBANGAN MODEL “KOIN BERTAHAP” DALAM PROSES PEMBELAJARAN RENANG SISWA KELAS III DI SD NEGERI SLAWI KULON 02 KEC. SLAWI KAB. TEGAL TAHUN AJARAN 2011/ 2012

Main Article Content

Satria Ujianto

Abstract

Abstrak

Sesuai dengan kompetensi dasar siswa diharapkan dapat mempraktekkan teknik dasar meluncur, namun kenyataannya dalam proses pembelajaran renang tidak berjalan dengan baik. Maka perlu adanya media permainan dalam proses pembelajarannya. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu (1) melakukan penelitian pendahuluan, (2) mengembangkan bentuk produk awal, (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, (4) revisi produk pertama, (5) uji lapangan, (6) revisi produk akhir, (7) hasil akhir modifikasi model “koin bertahap” yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Hasil penelitian dari uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu dari ketiga ahli menyatakan bahwa pengembangan model “koin bertahap” sudah masuk dalam kategori penilaian sangat baik. Akan tetapi ada yang perlu diperbaiki karena ada beberapa alternatif jawaban masih menyatakan cukup baik, uji coba kelompok kecil 89,14 % dengan kategori baik, dan uji coba lapangan 93,82 % dengan katogori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model “koin bertahap” dalam proses pembelajaran renang ini dapat digunakan bagi siswa kelas III SD Negeri Slawi Kulon 02 Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal.
Abstract

In accordance with the basic competencies students are expected to practice the basic techniques of gliding, but in fact in the process of learning pool is not going well. It is necessary to play media in the learning process. The method of research is the development of Borg & Gall has been modified, namely (1) a preliminary investigation, (2) develop initial product form, (3) evaluation of the experts by using the experts and two experts penjas learning and test groups small, (4) revision of the first product, (5) field tests, (6) the revision of the final product, (7) the final modification of the model ”coins gradually” generated through the field test revision. The results of the test data showed that the expert evaluation of the three experts stated that the development model ”coins gradually” in the category of assessment is very good. But there needs to be fixed because there are multiple answers are stated pretty good, small group testing 89.14% good category, and field trials with a 93.82% Categories excellent. The conclusion of this study is that the model ”coins gradually” in the learning process pool can be used for students of class III Elementary School District 02 Slawi Kulon Slawi Tegal regency.
.

Article Details

Section
Articles