MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HANDSTAND DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI SMK N 1 PRINGAPUS TAHUN AJARAN 2012/2013

Main Article Content

Indrianto Arif Ramadhana

Abstract

Abstrak
This research is a classroom action research (classroom action research) consisting of two cycles.
Data from observation psychomotor results obtained in the first cycle an average of 66% (not good) and an increase in the second cycle is 75% (pretty good), the results of the second cycle is then analyzed by the formula Hake’s Normalized gain and an increase of 0 , 2 with low criteria. The data were affective in the first cycle was 77% (pretty good) on the second cycle increased to reach 84% (good), when analyzed with Hake’s formula Normalized gain and an increase of 0.3 with the criteria being. From the results of student understanding (cognitive) in the first cycle reaches 79% (qualification reasonably) on the second cycle increased to reach 87%% (excellent), when analyzed with Hake’s formula Normalized gain and an increase of 0.3 with the criteria being. Based on the above results, it was concluded that learning by using audio-visual media can enhance students’ learning outcomes handstand. It is therefore expected for Penjasorkes teacher in SMK Negeri 1 Pringapus can use the audio-visual media in learning handstand. Learning to use the audio-visual media can also be used as an alternative system of teaching so that learning is always fun atmosphere appropriate to the learning objectives PAIKEM
ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri atas dua siklus. Data dari pengamatan psikomotor diperoleh hasil pada siklus I rata-rata mencapai 66% (kurang baik) dan mengalami kenaikan pada siklus II mencapai 75% (cukup baik), hasil dari kedua siklus tersebut kemudian dianalisis dengan rumus Hake’s Normalized Gain dan mengalami peningkatan sebesar 0,2 dengan kriteria rendah. Data hasil pengamatan afektif pada siklus I mencapai 77%(cukup baik) pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 84% (baik), setelah dianalisis dengan rumus Hake’s Normalized Gain dan mengalami peningkatan sebesar 0,3 dengan kriteria sedang. Dari hasil pemahaman siswa (kognitif) pada siklus I mencapai 79% (kualifikasi cukup) pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 87%% ( baik), setelah dianalisis dengan rumus Hake’s Normalized Gain dan mengalami peningkatan sebesar 0,3 dengan kriteria sedang. Berdasarkan dari hasil penelitian diatas, disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar handstand siswa. Oleh karena itu diharapkan bagi guru penjasorkes di SMK Negeri 1 Pringapus dapat menggunakan media audio visual dalam pembelajaran handstand. Pembelajaran dengan mengunakan media audio visual juga dapat dijadikan alternatif sistem pengajaran agar suasana pembelajaran selalu menyenangkan sesuai tujuan dalam pembelajaran PAIKEM

Article Details

Section
Articles