PENINGKATAN KESEGARAN JASMANI MELALUI PERMAINAN GOBAK SODOR SISWA KELAS IV SDN 03 GONOHARJO KECAMATAN LIMBANGAN

Main Article Content

kumrotun kumrotun

Abstract

Permasalahan dalam penilitian ini adalah  bagaimana gambaran tingkat kesegaran jasmani siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Gonoharjo Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal.  Tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin  mengetahui seberapa besar  tingkat kesegaran jasmani siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Gonoharjo Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal Tahun pelajaran 2011/2012.Penelitian ini adalah merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Gonoharjo yang berjumlah 20 siswa. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, angket, dan tes hasil belajar menggunakan tes kesegaran jasmani indonesia. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, dengan pengelompokan kategori kurang sekali, kurang, sedang, baik, dan baik sekali.Dari hasil  penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan gobak sodor dapat  berpengaruh  positif   terhadap   perkembangan  peserta  didik  dalam kesegaran jasmani dan memotivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran, serta dapat menambah wawasan bagi guru dalam mengembangkan macam–macam model pembelajaran, agar kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan, dan guru menjadi lebih profesional dalam mengajar.

The studies are problems in how the image of the level of physical fitness Fourth Grade students Elementary School District 3 Gonoharjo Limbangan Kendal. The purpose of this study is the researchers wanted to know how big the physical fitness of students Fourth Grade Elementary School District 3 Gonoharjo Limbangan Kendal lesson Year 2011/2012.This study is an action research class consisting of two cycles. Subjects were fourth grade students Negeri 3 Gonoharjo totaling 20 students. The data collection methods used in this research is to use observations, questionnaires, and test results of physical fitness tests to learn to use Indonesia. Data analysis techniques using descriptive analysis percentages, the category grouping less, less, moderate, good, and excellent.From these results it can be concluded that the application of game gobak can Sodor positive influence on the development of students in physical fitness and motivate the students to follow the learning, and can add insight for teachers to develop different models of learning, teaching and learning in order to be more fun and teachers become moreprofessionalinteaching.

Article Details

Section
Articles

References

Abdul Kadir Ateng. 1992. Asas dan Landasan
Pendidikan Jasmani. Jakarta : Depdikbud.

A Husna M. 2009. 100+Permainan Tradisional
Indonesia. Yogyakarta : C.V Andi Offset

Amung Ma’mun dan Yudha Saputra. 2000.
Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak. Jakarta : Depdiknas.

Husdarta dan Yudha Saputra. 2000. Belajar Dan
Pembelajaran. Bandung : Depdikbud.

Muhamad Ali. 1987. Penelitian Pendidikan.
Bandung : Angkasa Bandung

Oktia Woro Kasimi. 1999. Praktikum dan
Ketrampilan Pendidikan Kesehatan. Semarang : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.

Soemitro, 1992. Permainan Kecil. Jakarta :
Depdikbud

Soegiyanto dan Sodjarwo. 1993. Perkembangan
dan Belajar Gerak. Jakarta : Depdikbud

Wasis D Dwiyogo. 2008. Penelitan Dan
Pengembangan Olahraga. Malang : Lemlit UNM.