PENERAPAN PERMAINAN BOLA VOLI MINI TERHADAP PEMBENTUKAN ASPEK KERJASAMA SISWA KELAS IV SD

Main Article Content

Kartika Dewi Adyana
Mugiyo hartono
Harry Pramono

Abstract


Aspek Kerjasama merupakan salah satu aspek afektif yang utama dalam sebuah pembentukan karkater individual maupun kesuksesan sebuah kelompok. Permasalahan penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan permainan bola voli mini terhadap pembentukan aspek kerjasama dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa kelas IV  Sekolah Dasar Negeri Bintoro VIII Demak tahun 2012?. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan subjek siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Bintoro VIII Demak tahun 2012 yang berjumlah 30 siswa dan obyek peningkatan aspek kerjasama melalui penerapan permainan bola voli mini. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-Maret tahun 2012 bertempat di Sekolah Dasar Negeri Bintoro VIII Demak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif menggunakan rumus persentase. Hasil penilaian ini menunjukkan  bahwa saat siklus II ketuntasan pembentukan sikap kerjasama dalam pembelajaran penjasorkes melalui permainan bola voli mini sudah tercapai karena nilai semua aspek lebih dari 75. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan permainan bola voli mini dapat meningkatkan hasil pembentukan sikap kerjasama siswa dalam pembelajaran penjasorkes mencapai ketuntasan belajar untuk semua aspek yaitu aspek psikomotor afektif maupun kognitif pada kelas IV Sekolah Dasar Negeri Bintoro VIII Demak tahun 2012 .
Abstract

Aspect of cooperation is one of the major affective aspects in an individual character formation and success of a group. This research problem is: How does the application of mini volleyball game against the establishment of cooperation in the learning aspects of sport and physical education student health Elementary School fourth grade VIII Bintoro Demak 2012?. This class action research using student subjects Elementary School fourth grade Bintoro Demak VIII in 2012, amounting to 30 students and the object of increasing cooperation through the implementation of aspects of volleyball mini-game. The research activities conducted in February-March 2012 State Primary School located in Demak Bintoro VIII. Techniques of data collection in this study using interviews, questionnaires and documentation. The results obtained in this study were analyzed descriptively using the percentage formula. The results of this assessment indicate that is the application of mini volleyball games can improve students’ results in the formation of cooperative learning attitude penjasorkes achieve exhaustiveness learning for all aspects of the affective and psychomotor aspects of cognitive impairment in the fourth grade Elementary School Bintoro Demak VIII of 2012

Article Details

Section
Articles