PEMBELAJARAN BOLABASKET DENGAN MODIFIKASI PERMAINAN DUA RING BERGERAK

Main Article Content

Chanil Wahyu Oktaviadi
Andre Akhirulloh
Andry Akhiruyanto

Abstract

Abstrak
Bolabasket merupakan salah satu alternatif pembelajaran permainan bola besar di sekolah, namun kenyataannya dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan di lapangan dan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Dari hasil uji ahli diperoleh persentase rata-rata hasil analisis produk sebesar 86,67% dengan kriteria sangat baik. Data hasil kuesioner siswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata jawaban dengan persentase 69% dengan kategori cukup. Dan data hasil kuesioner siswa uji coba kelompok besar diperoleh jawaban dengan persentase 81% dengan kategori baik. Siswa sudah tidak merasa kesulitan dan takut lagi ketika bermain Dua ring bergerak. Selain itu, setelah melakukan permainan dua ring bergerak denyut nadi siswa meningkat lebih dari 70% dari denyut nadi maksimal. Berdasarkan data hasil penelitian, disimpulkan bahwa permainan dua ring bergerak efektif dan sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran penjasorkes.


Abstract
Basketball is one of the alternatVe learning of bigs games in school. However, this game in reality does not run well yet in the process of learning. The method of this research is developmental research. The procedure of development product covers the analysis of product, developing first product, expert validation and revision, a small group experiment and revision, a big group experiment and last product. The collecting of data is conducted by observing and making questionnaire which is gathered from evaluator and students. The technique of analysis used is percentage descriptVe. From the expert experiment, it is gained the average of product analysis results is 86,67 % with very good criterion. Questionnaire result data of students at a small group experiment gained the average of answer is 69 % with enouf criterion and a big group experiment reached 81% with good criterion. Students have not already faced difficulties and been afraid of scoring game. After conducting dua ring bergerak, the heartbeat of students is raising more than 70% from maximum heartbeat. According to this research, it can be concluded dua ring bergerak is an effectVe and appropriate game with the characteristic of students. Therefore, it can be used in physical education learning.

Article Details

Section
Articles