PENGEMBANGAN PERMAINAN OLAHRAGA SOFTBALL MELALUI MODIFIKASI SWINGKASBALL SISWA SMA N 1 LIMBANGAN

Main Article Content

Nova Sularjo Putri
Endang Sri Hanani
Mohamad Annas

Abstract

Abstrak
Permasalahan pernelitian ini adalah: 1) Bagaimana hasil pengembangan permainan olahraga softball melalui modifikasi swingkasball 2) Bagaimana efektifitas pembelajaran pengembangan permainan olahraga softball melalui modifikasi swingkasball. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui hasil pengembangan permainan olahraga softball melalui modifikasi swingkasball, 2) Mengetahui efektivitas pengembangan permainan olahraga softball melalui modifikasi swingkasball. Hasil uji coba lapangan menunjukkan tanggapan siswa pada produk modifikasi permainan swingkasball yang meliputi aspek psikomotor, kognitif dan afektif juga sudah baik (88,7%) dan aktivitas siswa dalam pembelajaran juga meningkat ditunjukkan dari adanya peningkatan denyut nadi dari sebelum dan sesudah pembelajaran sebesar 73,16%. Simpulan: 1) Permainan swingkasball yang dikembangkan dapat diterima dan dilaksanakan dalam proses pembelajaran pada siswa kelas XI SMA, dan 2) Pengembangan permainan swingkasball efektif untuk pembelajaran pendidikan jasmani siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Limbangan. Saran yang dapat diajukan yaitu: 1) Guru pendidikan jasmani hendaknya mempertimbangkan penggunaan produk modifikasi permainan swingkasball sebagai alternatif dalam menyampaikan pembelajaran softball, 2) Perlu sebuah pengembangan yang lebih lanjut disesuaikan dengan kondisi fasilitas yang tersedia di sekolah.

Abstract
Problems of this research are: 1) How does the development of softball through swingkasball ‘s modification 2) How effective of learning through the development of softball by swingkasball’s modification. The results of field trials show student responses on product modifications swingkasball game that includes aspects of psychomotor, cognitive and affective also had good (88.7%) and students in the learning activity also increases shown by the increase of pulse rate before and after learning by 73, 16%. Conclusion: 1) Games swingkasball acceptable developed and implemented in the learning process in class XI student in high school, and 2) Development of effective games for learning swingkasball physical education class XI student IPS 2 SMA N 1 Limbangan. Suggestions can be submitted as follows: 1) physical education teacher should consider the use of the product as an alternative modification swingkasball game in delivering learning softball, 2) It should be a further development according to the conditions of facilities available in schools.

Article Details

Section
Articles