MODEL PENGEMBANGAN LARI CEPAT MELALUI PERMAINAN LARGAP SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Fika Devinta Ariani
mugiyo hartono
Bambang p

Abstract


Permainan largap adalah suatu permainan yang murah meriah yang bisa dilaksanakan di tempat yang luas tanpa menghilangkan faktor keamanan contohnya dengan menggunakan pendekatan hutan karet.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil model pengembangan pembelajaran lari cepat dalam penjasorkes melalui permainan largap dengan pendekatan hutan karet bagi siswa.Metode pengembangan ini  adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli Penjas dan satu ahli pembelajaran. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas 85,3% dengan kriteria (baik), ahli pembelajaran 82,6% dengan kriteria (baik), uji coba kelompok kecil 83,78 % (baik), dan uji coba lapangan 91,67 % (sangat baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pengembangan lari cepat dalam penjasorkes melalui permainan largap dapat digunakan bagi siswa kelas IV.

Abstract

Largap game is a cheap game that can be implemented in a wide area without eliminating the factor of safety for example, by using the approach of rubber forest.The research forest aims to determine the learning development model outcomes in sprint in Physical and  Health Education through the game largap with approach rubber forest for students.The metode development is the development research which refers to the development model of Borg & Gall that have been modified. Data are collected using a questionnaire derived from the evaluation of experts (one expert and one expert of Physical Education and expert of learning. From the test results obtained by the expert evaluation data, expert of Physical Education 85.3% with criteria (good), expert of learning 82.6% with criteria (good), small group testing 83.78% (good), and field-testing 91.67% (excellent). From the available data it can be concluded that the model development of a sprint in Physical and  Health Education through the game largap can be implemented for fourth grade students.

Article Details

Section
Articles